UC News

Tak Dikubur, 4 Seleb Dikremasi Saat Meninggal Dunia, No 4 Dulu Hidup Sebatang Kara

Berita meninggalnya selebritis tentu menjadi hal yang mengejutkan untuk banyak pihak. Sosok publik figur yang dikenal luas membuat banyak orang merasa kehilangan para selebritis ini. Namun tahukah Ucers bahwa ada sejumlah seleb yang saat meninggal dunia, jenazahnya dikremasi oleh keluarga atau sanak saudaranya? Ya lantaran berbagai alasan salah satunya wasiat almarhum, sejumlah seleb akhirnya dikremasi saat meninggal dunia.

Tak Dikubur, 4 Seleb Dikremasi Saat Meninggal Dunia, No 4 Dulu Hidup Sebatang Kara
Bondan Winarno meninggal dunia (foto-Liputan6.com)

Mengutip dari beritagar.id (03/04/2018), kremasi adalah metode penghilangan tubuh jenazah dengan cara pembakaran. Saat dikremasi, tubuh jenazah akan dimasukan ke dalam tungku panas. Lalu, melalui proses pembakaran ini mereduksi jasad menjadi gas, abu, dan fragmen mineral. Biasanya anggota keluarga akan menyimpan abu jenazah usai dikremasi. Namun ada juga yang berwasiat untuk menebarkan abu jenazah ini di sungai atau laut.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa seleb yang jenazahnya akhirnya dikremasi oleh keluarga atau orang-orang terdekat mereka. Ada yang memang berwasiat seperti itu, ada juga karena alasan lainnya. Berikut ini 4 selebritis tanah air yang dikremasi saat meninggal dunia.

1. Bondan Winarno

Bondan Winarno (foto-Tribunnews.com)

Pada 29 November 2017 yang silam, publik dikejutkan dengan berita meninggalnya presenter kuliner, penulis dan wartawan Bondan Winarno. Sosok yang terkenal dengan jargon “Maknyuss” ini dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (29/11/2017) pagi di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, pada usia 67 tahun. Kabarnya, gagal jantung menjadi salah satu penyebab legenda kuliner tanah air ini meninggal dunia setelah sebelumnya sempat dirawat intensif di rumah sakit. Mengutip dari laman liputan6.com (30/11/2017), Harry Nazaruddin salah satu sahabat Bondan Winarno membenarkan jenazah sang presenter ternama ini akan dikremasi sesuai dengan wasiat almarhum. "Jenazah akan dikremasi besok (Kamis hari ini) tanggal 30 November 2017," kata Harry Nazarudin. "Permintaan beliau kalau meninggal itu dikremasi," ucapnya. Jenazah Bondan Winarno sendiri dikremasi di Rumah Duka, Krematorium, Rumah Abu Sentra Medika, Cibinong, Bogor.

2. James Sahertian

James Sahertian dan sang istri, Roewina Umboh (foto-tabloidbintang.com)

Almarhum aktor lawas James Sahertian, menjadi salah satu selebritis lain yang dikremasi kala ia meninggal dunia. Sebagaimana diketahui, suami dari artis cantik Roewina Umboh itu menghembuskan nafas terkakhirnya pada 12 April 2015 yang silam. Kakak dari presenter dan artis Debby Sahertian ini memang sempat dikabarkan menderita sakit, sebelum akhirnya tutup usia. Namun menurut Roewina sang istri, suaminya itu cenderung tertutup soal masalah kesehatanya. Terkahir, James mengeluhkan dadanya yang terasa sakit dan sesak; dan saat diperiksa paru-paru pria kelahiran Jakarta ini sudah dipenuhi oleh cairan. Sebagaimana dikutip dari laman bintang.com (14/04/2015), setelah sempat dilarikan ke rumah sakit, rupanya nyawa James Sahertian tak tertolong lagi. Dokter pun menyatakan James meninggal dunia pada hari Minggu, 12 April 2015 yang lalu. Dan sesuai amanat almarhum, jenazah James Sahertian pun akan dikremasi. "Permintaan dia untuk dikremasi. Kalau enggak, enggak mungkin saya mau," tutur Roweina yang tak mampu menyembunyikan kesedihannya. Usai dikremasi, abu jenazah James Sahertian kemudian dilarung ke Pantai Ancol, Jakarta

3. Kris Biantoro

Kris Biantoro (foto-kompas.com)

Christoporus Soebiantoro atau Kris Biantoro, aktor sekaligus penyanyi legendaris tanah air ini tutup usia pada 13 Agustus 2013 yang silam. Meningalnya Kris Biantoro tentu jadi salah satu kehilangan besar bangsa ini, mengingat pria yang wafat pada usia 75 tahun itu merupakan salah satu seniman yang memiliki kontribusi besar pada negeri. Namun di masa tuanya, Kris Biantaro mengalami penurunan kesehatan yang sangat signifikan. Hampir 40 tahun lamanya pemilik album Dansa Yo Dansa itu melawan penyakit ginjal yang menggerogoti tubuhnya. Dan seperti diberitakan oleh laman tribunnews.com (13/08/2013), Kris Biantaro dinyatakan meninggal dunia setelah sebelumnya dirawat intensif di Rumah Sakit Meilia Cibubur, sekitar pukul 13.00 WIB. Menurut keterangan sang putra, mendiang Kris Biantoro telah berwasiat agar jenzahnya tidak dikubur namun dikremasi saja. "Dia maunya dikremasi," ucap Invianto. "Kamis rencananya. Sekitar pukul 11 siang pelepasan yah untuk itu," lanjutnya. Jenzah Kris Biantoro sendiri dikremasi di Krematorium Oasis Lestari, Tangerang, Banten; dan jadi selebritis pertama yang dikremasi di krematorium tersebut.

4. Robby Tumewu

Robby Tumewu (foto-kompas.com)

Setelah hampir 6 tahun lamanya melawan penyakit stroke yang ia derita, artis sekaligus designer Robby Tumewu dikabarkan meninggal dunia. Sebelum tutup usia, Robby Tumewu memang sempat menghilang dari ranah hiburan tanah air. Bahkan stroke yang ia derita membuat pembuluh darah Robby Tumewu 3 kali mengalami pecah. Namun seperti diberitakan oleh laman viva.co.id (15/01/2019), justru infeksi paru-parulah yang membuat Robby Tumewu akhirnya wafat pada Senin, 14 Januari 2019 kemarin. Dan menurut saudaranya, jenazah Robby Tumewu akan dikremasi pada 17 Januari 2019. Bukan tanpa alasan pihak kerabat Robby Tumewu, pilih melakukan kremasi pada jenazah designer kondang ini. Pasalnya selama ini, Robby memang diketahui hidup sebatang kara. Robby Tumewu belum berkeluarga hingga akhirnya tutup usia. Selain itu sanak saudaranya pun kebanyakan tinggal di luar negeri. Karena itulah khawatir kuburannya nanti tak terurus, kerabat memilih melakukan kremasi pada jenazah Robby Tumewu. “Karena enggak ada keluarga di sini, (jadi dikremasi) mau menyambangi kuburan siapa yang mau menyambangi, mending dikremasi toh beres,” kata Renee kakak almarhum. "Abunya dilarung nanti, hari itu juga di Tanjung Pasir,” lanjut kakak Roby Tumewu mengenai alasan mengkremasi jenazah sang designer kondang ini.

Kehilangan besar bagi bangsa ini kehilangan seniman-seniman serta publik figur legendaris diatas. Dan deretan selebritis diatas atas permintaan sendiri atau keluarga, akhirnya jenazahnya pun dikremasi. Bagaimana pendapat kamu akan hal ini?

Topic: #kara
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot