UC News

Siapa Sangka Kolesterol Justru Rontok dengan Ini

Siapa Sangka Kolesterol Justru Rontok dengan Ini
Foto: jempoltangan.com

Kolesterol tinggi merupakan mimpi buruk bagi hampir semua orang. Meskipun bermanfaat, tetapi memiliki kolesterol terlalu tinggi juga bisa mengancam nyawa seseorang. Tentunya Anda atau siapa pun tak ingin itu sampai terjadi.

Kolesterol bisa Anda peroleh baik yang diproduksi oleh hati ataupun dari makanan yang Anda konsumsi. Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia merupakan jumlah kolesterol di dalam tubuh seseorang yang melebihi batas normal.

Ternyata, kolesterol tinggi bisa juga disebabkan oleh faktor genetik, lho. Bagi Anda yang memiliki keturunan penderita kolesterol tinggi sebaiknya berhati-hatilah saat mengonsumsi makanan tertentu terutama yang bisa meningkatkan risiko hiperkolesterolemia. Selain menjaga pola hidup sehat, Anda juga harus rutin berolah raga. Lakukan olah raga sederhana yang bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan Anda. Misalnya saja lari pagi mengitari halaman rumah atau senam. Hal ini tentu sangat bermanfaat mengingat kolesterol tinggi bisa menimbulkan banyak penyakit berbahaya.

Dilansir alodokter.com (retrieved, 11/02/2018), kolesterol tinggi bisa menggumpalkan darah, menyumbat arteri, dan mengendap di dalam darah. Akibatnya, muncullah banyak penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke serta penyakit arteri.

Kolesterol sebenarnya tidak selalu merupakan hal buruk. Sebab di dalam tubuh, kita pun membutuhkannya untuk membantu kerja sel supaya tubuh berfungsi normal, produksi vitamin D serta hormon. Tetapi, semua hal yang berlebihan pastinya memang tidak baik bagi kesehatan. Ketika Anda menemukan tanda-tanda semisal tubuh memiliki berat berlebihan, hipertensi, ataupun diabetes, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Untuk menurunkan kolesterol ternyata tidaklah selalu sulit, lho. Selain pola hidup sehat serta olahraga, Anda juga bisa menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi minyak zaitun. Kandungan lemak baik dari minyak zaitun mampu menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat di dalam darah.

Foto: habbats.co.id

Bagi Anda yang ingin terhindar dari masalah kolesterol, ada baiknya mulai mempertimbangkan makanan antikolesterol seperti dilansir nasional.kompas.com (11/06/2008). Salah satu yang boleh bahkan sehat dan mampu menurunkan berat badan adalah kolesterol baik di dalam minyak zaitun ini. Beberapa teman serta kerabat Penulis telah membuktikannya, lho.

Selain baik bagi kesehatan, minyak zaitun juga bagus untuk kecantikan. Misalnya saja, minyak zaitun mampu mengurangi kantung mata Anda. Olesi secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL, sebaiknya Anda memilih minyak zaitun Jenis extra-virgin olive oil yang berwarna kehijauan. Minumlah secara rutin sebanyak 2 sdm setiap hari dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan.


Topic: #kolesterol
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot