UC News

Sebelum Evolusi 500 Juta Tahun yang Lalu, Para Makhluk Tak Dikenal Ini Ada Bumi

Sebelum Evolusi 500 Juta Tahun yang Lalu, Para Makhluk Tak Dikenal Ini Ada Bumi
Referensi pihak ketiga

Dalam teori evolusi, disebutkan jika sebuah bencana membuat mikroorganisme yang pada saat itu menguasai bumi berevolusi sangat cepat. Dan bencana tersebut disebut sebagai ledakan Kambrium. Dan sebelum terjadinya ledakan tersebut, ternyata bumi dihuni oleh beberapa hewan yang aneh dan sulit dikenali secara fisiknya.

Sebelum Evolusi 500 Juta Tahun Lalu, Para Makhluk Tak Dikenal Ini Ada Bumi

Dan inilah beberapa makhluk yang ada sebelum terjadinya ledakan Kambrium :

1. Trilobita

Referensi pihak ketiga: http://manapetua.blogspot.com/2015/04/trilobite-salah-satu-artropoda.html

Trilobita merupakan hewan yang memiliki kulit yang sangat keras. Mereka hidup pada zamannya sebagai pemangsa tapi juga yang dimangsa. Fosil mereka dapat ditemukan di berbagai benua, pengecualian untuk antartika.

2. Ovatiovermis Cribratus

Referensi pihak ketiga : https://www.cbsnews.com/news/ancient-naked-worm-one-of-the-oddest-burgess-shale/

Ada fakta mengejutkan mengenai hewan yang satu ini. Jika kalian sering membaca artikel mengenai hewan, kalian pasti akan mengenali hewan bernama Tardigrada. Tardigrada adalah hewan yang memiliki kemampuan bertahan hidup sangat hebat. Dan katanya merupakan hewan yang paling kuat di bumi ini, bahkan bisa bertahan di ruang angkasa sekaligus.

Bukannya ingin membahas Tardigrada. Tapi Ovatiovermis Cribratus ternyata memilki hubungan, dimana dia merupakan leluhur paling tua Tardigrada yang saat ini diketahui manusia. Makhluk yang hebat ini hidup lebih dari 500 juta tahun yang lalu. Menjelajahi dan menempati bumi ini.

3. Pikaia Gracilens

Referensi pihak ketiga: https://www.semanticscholar.org/topic/Nitella-gracilens/10918620

Pikaia yang dikira sebagai cacing ternyata pada dasarnya merupakan vertebrata yang paling tua dalam sejarah.

4. Vetulicolia

Referensi pihak ketiga: http://spinops.blogspot.com/2015/09/didazoon-haoae.html

Makhluk dengan cirinya yang unik ini mampu membuat ilmuan percaya jika dia hanyalah batu karang. Dan fisiknya sendiri, makhluk ini secara fisik tidak memiliki mata dan kaki, bahkan tidak mempunyai senjata. Dan yang membedakannya adalah insangnya.

5. Wiwaxia

Referensi pihak ketiga

Sebelum ledakan Cambrium banyak makhluk yang tidak biasa secara fisik hidup di bumi. Dan itu salah satunya adalah makhluk hidup yang terlihat seperti tumbuhan ini. Memiliki kamuflase menyerupai tumbuhan yang cukup bagus, mereka biasanya hidup di dasar laut dan ketika ada mangsa yang mendekat, para ilmuan mengungkap jika dia akan menusuk mangsanya dengan durinnya.

Sumber : m.ranker.com

Topic: #bumi
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot