UC News

Patut Waspada! 10 Daerah Rawan Gempa dan Tsunami di Indonesia, Ada yang 1000 Kali Gempa

~SEBELUM MEMBACA LEBIH LANJUT, JANGAN LUPA UNTUK KLIK TOMBOL IKUTI DI POJOK KANAN ATAS~ TERIMAKASIH DAN SELAMAT MEMBACA!

Newstijen - Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia dan juga di beberapa negara lain. Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng utama dunia, yaitu lempeng Australia, Eurasia, dan Pasifik yang berhimpitan dan saling menekan.

Patut Waspada! 10 Daerah Rawan Gempa dan Tsunami di Indonesia, Ada yang 1000 Kali Gempa
Pertemuan antar lempeng tektonik - Sumber: jasmerahlautku.com

Perhatikan gambar di atas ini.

Dikutip dari bbc.com (7/8/2018) - Setiap tahun, pertemuan antar lempeng itu akan bergerak dan bisa menimbulkan benturan, sehingga memungkinkan munculnya gempa. Garis merah pada gambar menunjukkan pertemuan antar lempeng.

Indonesia Rawan Gempa

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia adalah negara kepulauan di mana keadaan ini membuat Indonesia menjadi negara yang rawan akan gempa. Di tahun 2018 ini saja gempa di Lombok dan Palu membuat berita duka di negara kita.

Sejarah gempa di Indonesia - Sumber: kompas.com

Nah, di tahun 2017 kemarin menunjukkan 295 titik rawan gempa di Indonesia. Di sepanjang tahun 2017 tercatat telah ada 718 kali gempa terjadi tiap bulannya di Indonesia, namun gempa merusaknya hanya 19 kali.

Cincin Api Pasifik - Sumber: USGS

Dilansir dari dw.com (3/2/2017) - Kondisi gempa diperparah karena Indonesia berada di lokasi yang disebut Pasific Ring of Fire atau biasa disebut cincin api Pasifik. Cincin Api Pasifik adalah daerah berbentuk tapal kuda sepanjang sekitar 40.000 km, yang membentang dari Amerika Selatan, Amerika Utara, Jepang, Filipina, Indonesia dan negara-negara kepulauan di Lautan Pasifik. Ring of fire merupakan tempat dari 75% gunung api di dunia.

Nah, daerah mana saja nih yang sering menjadi titik gempa di Indonesia? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Sulawesi Tengah

Pusat Gempa Palu - Sumber: Pikiran Rakyat

Pada tanggal 28 September 2018 lalu, Sulawesi Tengah, khusunya Palu, Donggala dan sekitarnya dilanda gempa berkekuatan 7,4 SR dan mengakibatkan terjadinya tsunami. Sulawesi Tengah juga termasuk wilayah yang sering terjadi gempa.

Gempa Palu dan Donggala - Sumber: Liputan6.com

Tahun 2016 wilayah tersebut diguncang gempa sebanyak 1.542 kali di mana 31 kali adalah gempa besar yang dirasakan oleh masyarakat. Selebihnya hanya gempa kecil yang bahkan bisa terjadi puluhan kali dalam sehari yang tentunya tidak dirasakan sama sekali.

2. Maluku

Gempa Guncang Maluku 6,1 SR - Sumber: DetikNews.com

Maluku termasuk wilayah Indonesia yang sangat rawan gempa. Tiap tahun hampir 1000 kejadian menimpa Maluku. Sepanjang tahun 2016 tercatat 1147 kejadian dan meningkat di tahun 2017, yaitu 1397 gempa yang terjadi.

Namun jumlah di atas membuat Maluku harus waspada karena wilayah Maluku termasuk wilayah dengan banyaknya patahan yang tidak beraturan. Hal ini disebabkan karena Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik Indo-Australia dan Eurasia lempeng Indo-Australia masuk ke bawah Eurasia dan bertemu lempeng Pasifik.

3. Sumatera Utara

Gempa Sumatera Barat - Sumber: yanuar's blog

Sumatera Utara juga menjadi salah satu titik rawan gempa. Di sepanjang tahun 2012 hingga 2016, Badan Pusat Statistik Sumut mencatat telah 1350 kali terjadi gempa di provinsi ini.

Di tahun 2017 bahkan meningkat jadi 683 kali, namun hanya 47 gempa saja yang dirasakan oleh masyarakat sekitar. Provinsi di Sumatera Utara yang paling banyak tertimpa gempa adalah Karo dengan jumlah kejadian 152 kejadian kemudian Nias dan Deli Serdang. BMKG menjelaskan bahwa rata-rata yang menimpa Sumut adalah gempa tektonik dan masih dalam kategori aman tapi tetap harus berhati-hati.

4. Nusa Tenggara Barat

Pusat Gempa Lombok, NTB - Sumber: Banjarmasin Post

Kepala BMKG menyebutkan bahwa Nusa Tenggara menjadi titik rawan kedua setelah daerah-daerah di Sumatera. Tahun 2018 sendiri NTB menjadi pusat gempa yang besar, kejadian di Lombok adalah salah satunya dan banyak gempa susulan setelahnya.

Gempa Lombok - Sumber: Kompas.com

Tercatat untuk tahun 2018 sepanjang bulan Januari dan Juni setidaknya ada 459 kejadian. Ini belum termasuk gempa susulan setelah gempa besar yang terjadi di Lombok. Masih dari BMKG, jumlah ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2016 ada 800 kejadian yang kemudian meningkat di tahun 2017, yaitu 1.018 kejadian.

NTB menjadi titik rawan gempa karena di sebelah selatan NTB terdapat penunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia dan di sebelah utara terdapat zona sesar naik busur belakang Flores.

5. Banda Aceh

Sumber: iNews.id

Banda Aceh adalah satu wilayah di Indonesia yang dikelilingi oleh pantai. Mungkin kamu masih ingat bencana tsunami besar di wilayah di mana ribuan korban berjatuhan> Hal ini terjadi karena tsunami akibat gempa tektonik yang merupakan gempa terbesar sepanjang sejarah yang mana bumi bergetar hingga 1 cm.

Gempa Aceh 2004 - Sumber: Serambi Indonesia

Kota Serambi Mekah ini tercatat sebagai wilayah yang sering terjadi gempa. Oleh pemerintah disebut juga sebagai titik yang paling rawan. Dari tahun 2014 sampai tahun 2015 telah terjadi 2.600 kali gempa dengan frekuensi yang paling banyak di bulan November 2015, yaitu sebanyak 153 kali. Bahkan gempa Aceh tahun 2016 menjadi salah satu bencana besar di dunia di tahun tersebut dan di tahun 2018 terjadi gempa di 9 kecamatan di Banda Aceh pada bulan Mei.

6. Jawa Timur

Pusat Gempa Situbondo - Sumber: Tribunnews.com

Daerah di Jawa Timur menjadi titik rawan gempa, bahkan guncangan gempa di wilayah ini juga banyak. Tercatat 557 gempa menimpa Jawa Timur di sepanjang tahun 2017. Jumlah ini menurun dari tahun 2016, yaitu 566 kejadian. BMKG mencatat bahwa gempa yang rata-rata terjadi di Jawa Timur adalah gempa lokal yang berskala kecil, namun harus tetap waspada.

Gempa Situbondo, Jawa Timur - Sumber: Tribunnews.com

Pada kamis, 11 Oktober 2018 gempa melanda Situbondo, Jawa Timur dengan kekuatan 6,4 SR. Diketahui gempa berasal dari kedalaman 10 KM arah timur laut sejauh 61 KM Situbondo, Jawa Timur.

7. Papua

Gempa Papua -Sumber: Okezone News

Bencana gempa yang terjadi di Papua pada bulan Maret 2018 memakan korban 100 jiwa. Bagaimana tidak, besaran guncangannya termasuk yang paling besar, yaitu berkekuatan 7,5 skala richter dari tahun 1970-an.

Papua memang tercatat sebagai wilayah yang sering diguncang gempa dengan skala yang besar. Di awal tahun 2016 pun Papua diguncang gempa sebanyak 495 kali dan Sorong menjadi salah satu wilayah di Papua dengan tingkat keaktifan gempa tektonik sangat tinggi.

8. Bengkulu

Gempa Bengkulu - Sumber: Inilah.com

Bengkulu juga masuk ke dalam wilayah yang rawan dan sering diguncang gempa. Badan meteorologi klimatologi dan geofisika Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu mencatat sepanjang tahun 2016 Provinsi Bengkulu diguncang gempa sebanyak 346 kali. Hal ini terjadi karena Bengkulu berada di kawasan patahan Sumatera serta adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah dan lempeng Eurasia.

9. Sumatera Barat

Gempa Padang - Sumber: riaubertuah.id

Masih dari catatan BMKG, dalam kurun waktu setengah tahun ini telah 79 kali Sumatera Barat diguncang gempa. Kejadian ini berlangsung dari bulan Januari hingga Juni. Sedangkan di periode 2016 tercatat setidaknya 195 kali gempa terjadi di Sumatera Barat.

Gempa Sumatera Barat - Sumber: Sindonews

Berada di antara pertemuan dua lempeng tektonik besar yaitu lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia serta patahan Semangko, di dekat pertemuan lempeng terdapat patahan Mentawai. Ketiganya merupakan daerah seismik aktif, dan inilah yang memicu beberapa gempa yang terjadi di provinsi tersebut.

10. Lampung

Sumber: Kompas.com

Lampung menjadi salah satu wilayah yang rawan gempa pada tahun 2018 sampai 2019 mendatang. Hal ini karena wilayahnya terdapat banyak patahan. Di tahun 1994, Lampung pernah ditimpa gempa yang maha dahsyat dengan menewaskan 196 korban jiwa, 2000 luka dan ribuan rumah hancur.

Gempa Lampung - Sumber: Lampungpro.com

Hingga bulan Juli 2018, Lampung masih sering diguncang gempa dengan kekuatan besar. Pada tanggal 19 Juli kemarin, gempa dengan kekuatan 5,2 skala Richter mengguncang Pesisir Barat Lampung. Walaupun tidak berpotensi tsunami, namun kita mesti terus berhati-hati.

Meski begitu, kembali lagi "bahwa semua yang ada di dunia ini datangnya dari Sang Pencipta, manusia bisa merencanakan tapi Tuhanlah yang menentukkannya. Jika Tuhan sudah mengatakan, akan terjadi gempa di daerah ini maka akan terjadi dan sebaliknya"

Sumber: www.brilio.net/ini-10-daerah-rawan-gempa-dan-tsunami-di-indonesia

Sumber: Penulis Newstijen

Topic: #gempa #tsunami
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot