UC News

Menyesal Baru Tau, Sakit Gigi Gak Usah Buru-Buru Dicabut! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

Menyesal Baru Tau, Sakit Gigi Gak Usah Buru-Buru Dicabut! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya
Pemilik hak cipta: Informasi Menarik
ilustrasi mengobati gigi via islamidia.com

Ada pepatah mengatakan sakit gigi lebih sakit daripada sakit hati. Sakit gigi memang sangat memangganggu aktivitas kita sehari-hari, terutama ketika ingin makan.

Sakit gigi sering disebabkan karena gigi yang berlubang. Bisa juga ketika gigi hendak tanggal, hal ini biasa terjadi pada anak-anak yang dalam masa berganti gigi susu ke gigi dewasa.

Nah, apasih penyebab adanya gigi berlubang? yuk simak ulasan berikut!

Penyebab Gigi Berlubang

Karena cara menyikat gigi yang salah

Kadang kita menyikat gigi dengan cara yang salah, dan banyak orang berfikir dengan melakukan sikat gigi gak ada aturan sama sekali yang akan merusak berbagai kesehatan.

Hal ini tentu merupakan cara berpikir yang salah. karena dengan menyikat gigi asal-asalan, maka sisa makanan yang ada pada gigi akan tidak terbasmi dengan benar.

Itulah yang akan membuat gigi berlubang karena berbagai bakteri dalam makanan yang masih tersisa. Maka dari itu, sobat harus menerapkan dengan benar dan menyikat gigi selama 2 menit.

Jarang menyikat gigi

Penyebab dari berlubangnya gigi adalah karena gak memperhatikan kebersihan gigi dengan jarang menggosoknya. itu akan membuat bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat dan akan menyebabkan gigi berlubang. kita harus rutin melakukannya 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.

Alat menyikat gigi salah

Memakai sikat gigi dan pasta gigi yang mungkin tidak sesuai ternyata dapat juga menyebabkan adanya gigi berlubang. Misalnya dengan mulut yang kecil namun menggunakan sikat gigi yang besar.

Hal ini membuat sikat gigi tidak bisa menjangkau semua gigi dengan sempurna sehingga sisa makanan yang masih tertinggal tidak terbasmi secara merata.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis

Rasanya hampir semua makanan mengandung gula atau perasa makanan manis. Ketika sobat terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis, maka kateri semakin senang dan nyaman bersarang di mulut.

Bakteri yang berkembang akan mengubah zat-zat menjadi asam laktat yang kemudian mulai mengikis gigi secara perlahan.

Karies gigi

Penyebab gigi berlubang ialah dengan adanya karies gigi. Karies gigi inilah yang merupakan penyakit infeksi pada gigi dan akan merusak struktur pada gigi. Jika tidak segera ditangani maka bisa berbahaya dengan menimbulkan gigi berlubang. maka dari itu gigi harus dicabut demi menghindari infeksi.

Karies gigi bisa disebabkan oleh enamel gigi yang tidak terbentuk sempurna, masuknya bakteri streptococcus mutans dan lactoballi ke dalam mulut, dan faktor-faktor lainnya

Nah, sebelum menjadi parah, jika sobat mengalami gigi terasa berkedut-kedut sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kedokter atau menggunakan bahan alami seperti berikut!

  1. Garam
garam via manaberita.com

Garam sobat bisa gunakan sebagai obat untuk mengobati sakit gigi yang mujarab. Dengan kandungan sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut Anda.

Caranya masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. kemudian aduk sampa garamnya larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

2. Lemon

lemon viaorganicfacts.net

Asam yang ada pada kandungan lemon sangat berguna untuk alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Peras 1 buah lemon, kemudian masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan air perasannya untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

3. Daun jambu biji

daun jambu biji via liputan6.com

Daun jambu biji ternyata punya kandungan yang sangat bermanfaat sebagai antibakteri menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu biji juga sangat efektif mengobati sakit gigi karena mempunyai antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat.

Hanya denga menguyah jambu biji. Atau merebusnya dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

4. Daun sirih

daun sirih via grid.id

Daun sirih sudah dari dulu digunakan sebagai resep tradisional nenek moyang yang terbukti punya khasiat yang banyak. terutama pada sakit gigi. Nenek moyang kita sering mengunyah daun sirih untuk terus menjaga kesehatan giginya, pantas aja ya giginya semua pada sehat.

Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami.

Caranya rebus untuk digunakan sebagai obat kumur atau dikunyah.

5. Bawang merah

bawang merah via style.tribunnews.com

Bawang merah mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

Itulah 5 Cara alami yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi berlubang semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa terus ikuti informasi menarik lainnya dengan klik tombol follow. Makasih dan Wassalam!!!

Sumber Referensi :

Www.islamidia.com

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot