UC News

Membangun kecerdasan Jamak dengan Metode Sentra


Pembelajaran pada Anak Usia Dini

Bangun kecerdasan jamak secara bersamaan

Howard Gardner berkesimpulan, tidak hanya satu kecerdasan yng berperan membawa seseorang sukses dalam hidupnya, melainkan kecerdasan jamak.

Kecerdasan adalah topik  perdebatan yang telah berabad-abad usianya. Begitu kata Dr Howard Gardner, sang pencetus teori kecerdasan jamak. Biasa di singkat MI (Multiple Intelligences).

Gardner sendiri, yang mencetuskan teori Tujuh kecerdasan pada tahun 1983, belakangan menambahkan tiga kecerdasan lain sehingga menjadi sepuluh kecerdasan yang dibutuhkan manusia agar hidupnya sukses.

Sekolah KB/RA Green School Permata Asholihin di Jakarta Selatan menerapkan Sembilan kecerdasan jamak antara lain; Kecerdasan linguistik, Matematika-Logis, Spasial,kinestetik-Jasmani,Musikal, Interpersonal, Intrapersonal,Naturalis dan spiritual.

  • Kecerdasan Linguistik adalah kemampuan kecerdasan berbahasa lisan dan tulisan untuk mencapai beberapa tujuan.
  • Kecerdasan matematik-logis adalah kemampuan menganalisa masalah yang bersifat logis matematis dan menginvestigasi masalah secara ilmiah.
  • Kecerdasan spasial adalah kemampuan mengorganisasi dan memanipulasi gambar dan ruangan yang lebar.
  • Kecerdasan kinestetik-jasmani adalah kemampuan menggunakan seluruh bagian-bagian tubuh untuk menyelesaikan masalah atau melakukan suatu gerakan yang menghasilkan produk.
  • Kecerdasan musikal adalah kemampuan dalam penampilan (performance),komposisi dan apresiasi bentuk-bentuk musik.
  • Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan seseorang untuk mengerti maksud, motivasi, dan hasrat orang lain serta secara konsekuen bekerja efektif dengan orang lain dan juga mudah bergaul dan menikmati pergaulan dengan orang lain.
  • Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan untuk mengerti diri sendiri, mengenal siapa dirinya, tahu apa yang dia lakukan dan ini melekat pada diri seseorang.
  • Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali dan mengelompokkan dan menggambarkan berbagai macam keistimewaanyang ada dilingkungannya.
  • Kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk mengerti bahwa sesungguhnya kita hidup ini karena Allah SWT menciptakan kita dengan kita menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Tidak hanya satu kecerdasan yang berperan membawa seseorang sukses dalam hidupnya, melainkan kecerdasan jamak yang dilakukan secara seimbang dan selaras.

Diharapkan dengan menggunakan metode sentra seluruh kecerdasan jamak dapat terbangun dengan baik sehingga menghasilkan generasi yang berkarakter dan sukses.

Selain itu pula untuk dapat membangun kecerdasan jamak di barengi dengan asupan gizi yang baik.

Sekolah yang sudah menggunakan metode sentra diharapkan gurupun membimbing siswanya  untuk dapat menyeimbangkan dimensi otak kiri(matematika-logika-bahasa) dan otak kanan (seni) serta psikomotoriknya (olah raga).

Dimensi pendidikan di Indonesia diarahkan agar dapat membangun kecerdasan jamak sejak usia dini seperti perintah dalam lagu kebangsaan kita:

“Bangunlah jiwanya Bangunlah Badannya,untuk Indonesia Raya”.

Kedua anakku bersekolah di KB/RA Green School Permata Asholihin, Alhamdulillah sangat terlihat terbangunnya kecerdasan jamak yang mereka dapatkan di usia dini,kini mereka berdua sudah tumbuh besar dan memiliki karakter yang mandiri.

Selamat mencoba

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot