UC News

Januari 2018, Ada Banyak Pemandangan Indah Di Langit Bumi. Catat Tanggalnya!

Januari 2018, Ada Banyak Pemandangan Indah Di Langit Bumi. Catat Tanggalnya!

Ilustrasi Blue Moon Via Youtube

Sumber.com - Kawan Sumber, tahun 2018 tinggal menghitung hari. Tak lama lagi, 2017 akan berakhir. Bersiaplah, karena pada tahun 2018 nanti, beberapa fenomena alam akan muncul di langit bumi. Fenomena tersebut diantaranya muncul pada awal tahun 2018 yang menyuguhkan sederet pemandangan indah.

Dilansir dari www.kalastri.id, selama 2018 ini bakal banyak terlihat fenomena alam di langit Indonesia. Mulai dari peristiwa hujan meteor Lyrid, Perseid, dan Geminid yang ideal karena tidak terganggu cahaya bulan. Supermoon terbesar hingga tahun 2034. Dua kali bluemoon. Oposisi Mars terdekat sejak 15 tahun silam. Sampai dua kali gerhana bulan total.

Ditambah lagi, pada tahun 2018, akan ada 13 kali bulan purnama. Namun begitu, pada 2018 takkan ada gerhana matahari. Dari sederet pemandangan indah 2018, beberapa diantaranya terjadi di awal tahun yaitu bulan Januari. Apa saja fenomena pemandangan indah yang akan terjadi di Januari 2018? Berikut adalah beberapa diantaranya,

-Selasa, 2 Januari 2018 - Supermoon

Supermoon terjdi karena kondisi bulan yang sangat dekat dengan bumi. Pada saat supermoon, bulan akan terlihat lebih besar dan terang jika dilihat dari bumi. Puncak supermoon berlangsung Selasa pagi pukul 09:24 WIB. Dan di Indonesia lebih baik jika mengamati sebelum puncak supermoon antara Senin malam sampai Selasa pagi.

Diperkirakan, ini akan menjadi supermoon terbesar hingga 2034 nanti.

-Kamis, 4 Januari 2018 - Hujan Meteor

Quadrantid adalah sejenis debu yang berada dilangit, Penampakannya akan menjadi hujan meteor saat memasuki bumi. Puncak Quadrantid berlangsung mulai Kamis dini hari sampai matahari terbit. Sebanyak 120 meteor per jam akan melesat dari arah langit utara.

Sayangnya, pada saat yang sama terjadi juga gerhana bulan sehingga akan sedikit mengganggu pemandangan Quadrantid tersebut.

-Rabu, 31 Januari 2018 - Bluemoon

Definisi kedua, Blue Moon adalah Bulan Purnama kedua dari dua siklus Bulan Purnama yang terjadi dalam siklus perhitungan astronomi. Blue Moon bukan berarti bulan akan terlihat biru, melainkan berwarna putih dengan cahaya lebih terang dari biasanya.

Fenomena bluemoon juga menandakan bahwa ada sebaran bulan purnama yang padat dalam suatu tahun masehi. Sebagaimana tahun ini yang memiliki 13 bulan purnama. Lebih banyak sebab umumnya dalam satu tahun hanya terjadi 12 bulan purnama.

-Rabu,31 Januri 2018 - Supermoon

Januari 2018 adalah bulan yang unik, dalam satu bulan terjadi dua kali Supermoon. Pada Rabu 31 Januari 2018 nanti akan terjadi Supermoon kedua di bulan tersebut.

-Rabu, 31 Januari 2018 - Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total terjadi ketika seluruh piringan bulan memasuki bayangan umbra bumi. Peristiwa ini menyebabkan cahaya matahari terhalangi Bumi menuju Bulan. Namun karena Bumi memiliki lapisan atmosfer maka cahaya matahari mengalami pembiasan. Kemudian warna merah yang merupakan gelombang terpanjang (sesuai urutan mejikuhibiniu) diteruskan ke Bulan.

Bulan yang tadinya berwarna putih akan berubah warna menjadi merah. Fenomena gerhana bulan total ini hanya terjadi satu kali di tahun 2018, pada hari Rabu 31 Januari mendatang.

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot