UC News

Ingat Petani Beli Mobil Pakai Uang Koin? Berikut Fakta Uniknya Yang Kamu Gak Tahu!

Neyaaa - Uang receh atau koin biasa didapat dari kembalian saat kita belanja di warung atau di supermarket. Bila bagi kamu uang koin dengan nilai Rp 500 hingga Rp 1000 tak begitu berarti, lain halnya dengan petani asal Majalengka, Jawa Barat.

Tumpukan uang receh milik Tirta yang berjumlah Rp 40 juta kini berubah menjadi satu unit mobil Toyota Rush TRD. Kok bisa?

Ya, kisah ini sempat viral beberapa hari belakangan. Dalam pemberitaannya, petani ini bisa membeli mobil tersebut lantaran dari uang receh yang sudah ditabungkannya sejak 2012 lalu. Meskipun kisah uang koinnya yang dibelikan satu unit mobil ini menjadi perhatian publik. Nyatanya ada beberapa fakta unik yang mungkin kamu gak tahu lho. Apa saja itu?

1. Berawal bukan untuk beli mobil

Ingat Petani Beli Mobil Pakai Uang Koin? Berikut Fakta Uniknya Yang Kamu Gak Tahu!
Sumber: Kumparan.com

Menurut Tirta, uang receh itu tak digunakan untuk membeli mobil. Ia menuturkan awalnya receh tersebut hendak digunakan sebagai bekal syukuran yang nantinya akan dibagikan, usai dirinya menunaikan ibadah haji pada tahun 2020.

2. Dulu pecahan Rp 50 dan Rp 100 perak.

Sumber: detik.com

Diawal mengumpulkan uang receh, Tirta mengungkapkan bahwa recehan tersebut dengan pecahan nominal Rp 50 dan Rp 100 perak. Namun akhirnya, uang tersebut ia tukarkan dengan pecahan Rp 500 dan Rp 1000.

3. Uang recehnya tidak semua kembalian dari warung.

Ilustrasi penghitungan uang receh / sumber: palingseru.com

Uang receh yang ia kumpulkan tak semata-mata dari hasil kembalian warung lho. Tirta mengungkapkan justru uang tersebut hasil ditukarkan bila dirinya mendapatkan rejeki.

"Itu bukan semuanya hasil kembalian dari warung. Jika saya dapat rejeki, Rp 2 juta saya tukar receh. Kalau sudah jadi recehan, kan enggak mungkin tuh dibawa ke mal buat belanja," ungkap Tirta yang dikutip dari Viva.co.id (30/1/2019).

4. Hanya untuk uang tambahan

Pak Tirta bersama mobil barunya / sumber: grid.id

Seperti pada poin pertama, uang receh yang ditabung Tirta untuk bekal syukuran. Saat hendak membeli mobil, Tirta malah kekurangan uang. Alhasil, uang tabungannya yang berbentuk receh yang berjumlah Rp 40 juta itu terpaksa dipakai sebagai tambahan pembayaran pembelian mobil.

"Pas saya beli mobil, kekurangan uang. Jadi, saya pakai dulu recehannya," jelasnya.

Sebelumnya, Tirta dan sang istri sempat ragu, apakah uang recehnya tersebut dapat diterima pihak diler. Namun nyatanya, pihak diler pun menyambut dengan baik. Meskipun receh, namun uang tersebut masih sebagai alat pembayaran yang sah.

Gimana nih menurut kamu? Komen di bawah ya.


Sumber:

m.detik.com/oto/mobil/d-4406608/bisa-beli-rush-pakai-uang-receh-petani-tirta-nabung-7-tahun?_ga=2.94439386.776063518.1549353263-1542927517.1490018036

m.viva.co.id/amp/otomotif/unik/1116534-uang-receh-petani-majelengka-untuk-beli-mobil-ternyata-quot-akal-akalan-quot


Topic: #mobil
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot