UC News

Ikut Jobfair? Baca Dulu 6 Kunci Suksesnya

Selepas kelulusan dari SMA ataupun SMK banyak yang berpikir untuk langsung bekerja ada juga yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi untuk berkuliah di Universitas ternama. Tapi, pernah tidak terbayang apa yang terjadi setelah diwisuda dari almamater tercinta? tentu saja mencari kerja. Tetapi mencari kerja di jaman sekarang tidak segampang yang dibayangkan. Kendala yang sering dialami oleh jobseekers adalah kurangnya informasi yang beredar tentang lowongan pekerjaan.

Salah satu sarana yang bisa diikuti bagi para jobseekers adalah jobfair. Dengan mengikuti jobfair maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin terbuka. Tetapi tentu saja tidak hanya Anda sendiri yang akan mendaftar tetapi akan ada banyak saingan. Karena itu pastikan Anda memiliki daya saing dan memiliki keunikan sendiri dari para jobseekers lain.

Pada artikel ini akan membahas beberapa kunci sukses bagi Anda para jobseekers:

1.       Informasi Terkait Perusahaan

Pada suatu jobfair tentu saja terdapat banyak perusahaan yang akan membuka lowongan dan tentu saja dengan kategori spesialisasi tertentu saja. Sebelum mengikuti suatu jobfair ada baiknya Anda untuk mencari informasi terlebih dahulu mengenai perusahaan-perusahaan yang mengikuti jobfair tersebut. Dengan adanya informasi yang baik Anda dapat langsung menentukan untuk memasukkan lamaran ke perusahaan mana saja tanpa perlu berlama-lama dan bingung.

Ikut Jobfair? Baca Dulu 6 Kunci Suksesnya
Referensi pihak ketiga

2.       Persiapkan Berkas yang Dibutuhkan

Saat memasukkan lamaran pada perusahaan persiapkan terlebih dahulu berkas-berkas yang dibutuhkan, seperti Curriculum Vitae (CV), surat lamaran, ijazah/surat keterangan lulus (SKL), transkrip nilai, dan pas foto. Buatlah CV anda semenarik mungkin dan dapat mewakili diri Anda. Dalam membuat CV tidak perlu berlebihan, CV yang tidak berlebihan dan simple lebih disukai oleh perusahaan. Pastikan berkas-berkas tersebut Anda bawa sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang anda akan lamar dan Anda lebihkan beberapa copy lagi guna mendaftar di perusahaan lain yang sekiranya Anda inginkan.  

Referensi pihak ketiga

3.       Informasi Sesama Jobseekers

Tidak jarang Anda akan bertemu dengan kenalan Anda pada suatu jobfair. Oleh karena itu berbagi informasi merupakan salah satu hal penting yang dapat dilakukan. Kadang ada perusahaan yang tidak menerima lamaran dan lebih menyukai untuk mendaftar secara on line dan booth perusahaan tersebut pada jobfair hanya sekedar media informasi dan pengenalan saja. Dengan berbagi informasi Anda dapat lebih efektif dan efisien dalam mengikuti suatu jobfair.

4.       Mempersiapkan Diri untuk Wawancara

Ada tipe perusahaan yang setelah menerima lamaran dari jobseekers langsung melakukan wawancara. Jadi sebaiknya dalam mengikuti suatu jobfair Anda menggunakan pakaian yang sopan dan mempersiapkan mental Anda. Jangan terlalu berpikir keras, Anda hanya perlu menjawab apa adanya dan santai dalam menanggapi setiap pertanyaan.

Referensi pihak ketiga

5.       Datang Terlebih Dahulu

Daya tarik pada suatu jobfair adalah banyaknya perusahaan yang membuka kesempatan kerja yang berakibat menarik banyak jobseekers yang akan datang. Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah datanglah terlebih dahulu pada jobfair tersebut. Dengan datang lebih cepat dibandingkan dengan yang lain akan menghindarkan Anda dari antrian yang mengular. Jika Anda terjebak pada antrian panjang para jobseekers tentu saja akan mengurangi mood anda yang tentu saja akan mengurangi performa dan penampilan Anda jika seandainya diadakan wawancara pada saat itu juga. Selain itu, dengan datang terlebih dahulu perusahaan akan lebih aware pada diri Anda.

6.       Berdoa

Terdapat ribuan jobseekers lain yang akan mendaftar pada perusahaan yang akan Anda tuju dan doa dapat menjadi faktor penentu apakah Anda akan diterima atau tidak. Jadi, selalu selipkan doa dalam setiap kegiatan Anda yang dilakukan.

Referensi pihak ketiga


Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot