UC News

Cara Mengerjakan Tes Psikotes (Wartegg) Semoga Dapat Lulus

Cara Mengerjakan Tes Psikotes (Wartegg) Semoga Dapat Lulus

Dalam artikel ini kita akan membahas cara mengerjakan tes psikotes (wartegg) yang banyak diujikan dikala proses rekrutment sebuah perusahaan atau instansi dalam mencari calon karyawannya.

Saya pertama kali berjumpa dengan tes wartegg ini ketika melamar sebuah pekerjaan di perusahaan asuransi ternama dikota daerah saya tinggal.

Saat itu saya masih semester 4 dan belum ada pengalaman kerja. Mengapa saya ketika masih kuliah memberanikan diri melamar?

Ada tiga alasan yang mendorong saya melamar pekerjaan tersebut:

  1. Persyaratan memperbolehkan mahasiswa juga mendaftar
  2. Ingin mencari pengalaman
  3. Agar punya pemasukan

Dari ketiga alasan diatas, yang paling mendorong saya ialah “menambah pengalaman”. Karena nantinya dengan pengalaman itu sanggup membuat CV yang memikat HRD.

Sebenarnya saya menemukan loker tersebut tanpa sengaja ketika browsing ke sebuah blog kemudian ada link yang mengarah ke situs lowongan kerja.

Sebenarnya ada banyak loker yang di tawarkan disana namun yang memperbolehkan seorang mahasiswa mendaftar cuma loker yang satu ini.

Nah tanpa berpikir panjang lebar saya eksklusif menciptakan surat lamaran kerja dan mempersiapkan berkas lain yang di butuhkan. Lalu sesudah jadi, saya kirim via pos.

Tidak disangka-sangka sesudah kurang lebih dua ahad saya dihubungi pihak HRD perusahaan asuransi tersebut bahwa saya diundang untuk mengikuti tes tertulis dan wawancara.

Sudah terang dong saya cukup bahagia alasannya ialah sudah melewati satu tahap menuju tahap selanjutnya. Singkat dongeng sampailah pada hari dimana tes diadakan, Saya cukup terkejut alasannya ialah dalam tes tersebut menguji banyak jenis tes dan salah satunya ya tes psikotes (wartegg) ini.

Bagi kau yang belum tahu wacana tes psikotes ini, berikut sedikit jabaranyya;

Wartegg merupakan salah satu dari tes psikotes. Tujuan tes ini ialah untuk mengetahui aksara seorang calon karyawan. Perusahaan akan mencari 8 aksara yang paling menonjol dan dicari dari seorang calon karyawan sehingga tidak salah pilih kedepannya.

Tes warteg dicirikan dengan terdapatnya 8 buah kotak kosong dengan masing-masing kotak terdapat tinta dengan bentuk yang berbeda satu dengan lainnya. Seperti: coretan, titik, maupun garis.

Ini pola tes wartegg;

tes psijotes berbentuk (wartegg)

Saya sempat galau ini gambar disuru ngapain ya, untung ada petunjuk dimana harus meneruskan gambar pada tinta di kotak yang disediakan. Dari tinta-tinta tersebutlah saya diminta menciptakan delapan gambar apa pun terserah.

Oiya, Kamu jangan takut kalau bertemu tes wartegg, alasannya ialah tujuan dari tes ini bukan melihat apakah kau berakal menggambar atau tidak, namun untuk melihat aksara yang dimiliki.

Disinilah masalahnya. Memang gambar yang kau buat tidak di wajibkan harus cantik dan terlihat berkesan, namun ada cara yang harus dilakukan biar kau sanggup lulus.

Oke sebagai latihan, coba kau kerjakan dahulu tes tersebut di kertas kosong. Buatlah gambar terserah kau dari tinta-tinta yang ada (bisa benda mati atau mahluk hidup).

INGAT jangan lanjutkan membaca postingan ini sebelum gambar kau selesai.

Kerjakan saja dulu biar kau tahu mana aksara yang paling lebih banyak didominasi pada diri kamu. Silahkan mulai kini waktu kau 5 menit……

Jika sudah simpulan menggambar, beri nomor mana yang kau kerjakan terlebih dahulu, kemudian beri keterangan gambar tersebut (misal; no 1. gambar ayam), dan seterusnya.

Pilih mana gambar yang paling sulit dikerjakan, yang paling gampang dikerjakan, yang paling disukai dan yang paling tidak disukai. Beri juga alasan untuk masing-masingnya.

Sudah selesai?……..Oke mari kita bahas satu persatu.

Ini merupakan salah satu pola gambar yang di kerjakan oleh seseorang dikala mengerjakan tes wartegg. Pada gambar di bawah kau sanggup melihat ada gambar mahluk hidup dan benda mati bukan.

Apa bahu-membahu alasan akan hal tersebut?

tes wartegg yang sudah dikerjakan

Sebelum menjawab kau harus tahu dulu apa alasan dan tujuan akan hal tersebut.

  • Kotak 1: Titik-titik hitam kecil menawarkan kelincahan, pusat sentral Gambarlah makhluk hidup mempunyai karakteristik, menyerupai serangga, laba-laba, kupu-kupu
  • Kotak 2: Bentuk S terbalik menggambarkan kebebasan, menggelepar Gambarlah burung terbang.
  • Kotak 3: Baris ketiga menawarkan kemauan dan tekad untuk selalu memperbaiki diri. Gambarlah pagar, tangga, tiang listrik, dsb.
  • Kotak 4: kotak hitam kecil di sudut kanan atas, menawarkan konstruksi yang berpengaruh Gambarlah bangunan, atau konstruksi beton, dll yang menawarkan kekuatan.
  • Kotak 5: Dua garis di sudut kiri bawah, menawarkan bagaimana ketepatan pemecahan problem Gambarlah objek yang kompleks, cepat, tepat, menyerupai balap motor atau mobil.
  • Kotak 6: Dua garis membentuk segi empat Menunjukkan kesederhanaan tapi tetap menyuguhkan realitas. Gambarlah kamera, televisi, komputer.
  • Kotak 7: Titik kurva Menunjukkan garis yang tidak sanggup diproses secara sembarangan, harus diperlakukan dengan hati-hati. Contoh: ulat, ular.
  • Kotak 8: Garis melengkung menawarkan kebesaran, kebijaksanaan. Gambarlah makhluk hidup yang besar dan menawarkan kewibawaan, menyerupai gajah.

Kembali ke gambar yang sudah kau buat. Kira kira mana aksara sifat yang ada pada diri kamu?

Silahkan di jawab ya ^^.

CARA MENGERJAKAN TES PSIKOTES (WARTEGG)

Saat ini kau sudah tahu akan arti dan maksud dari kotak-kotak yang diberikan pada tes psikotes (wartegg) ini. Nah, biar kau sanggup lulus tes ini. Berikut cara mengerjakan tes psikotes (wartegg) yang sanggup kau terapkan.

  1. Jaga kertas dalam keadaan bersih
  2. Jika kau seorang pria, jangan mulai dari nomor 5 alasannya ialah kalau kau mulai dari nomor 5, berarti kau mempunyai kelainan seksual.
  3. Mulai dari gambar yang paling gampang diselesaikan oleh kamu.
  4. Penomoran gambar tidak terlalu urut (1,2,3,4,5,6,7,8), atau tidak begitu acak. Jika perintah terlalu urut, berarti kau orang yang kaku, kalau terlalu acak berarti kau tidak sanggup mengikuti aturan.
  5. Untuk nomor baris (3,4,5,6) gambarlah benda mati dan bersifat maskulin.
  6. Untuk nomor 1,2, 7,8 gambarlah makhluk hidup dan bentuk-bentuk menawarkan sifat feminin.
  7. Berikan nama untuk masing-masing gambar di bab kertas yang kosong.

Bagaimana sudah siap mengikuti tes psikotes (wartegg)? Pastinya siap ya.

Sebagai catatan : jangan menghafal tanggapan yang sudah kau buat, lebih baik kau pahami maksut dan tujuannya alasannya ialah sanggup jadi syarat yang diberikan antara satu tes dengan tes lainnya berbeda.

Jika kau sudah paham kasud tes tersbut maka tidak akan jadi problem kalau peraturan mengerjakannya di ubah bukan.

Demikianlah pos kali ini yang panduan karir sanggup berikan. Semoga artikel wacana cara mengerjakan tes pskikotes (Wartegg) ini sanggup bermanfaat untuk kau yang akan mengikuti tes psikotes ya. Aamiin.

Jika dirasa bermanfaat silahkan share, atau kita sanggup berteman via google+ dan facebook.

Mungkin kau tertarik : Cara menciptakan SKCK

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot