UC News

Berani Usik Papua, Indonesia Murka Dan Tantang 3 Negara Sekaligus!

Berani Usik Papua, Indonesia Murka Dan Tantang 3 Negara Sekaligus!
https://www.cnnindonesia.com

Sikap keras Vanuatu terhadap Indonesia dalam isu Papua sama sekali tak dapat diterima oleh Indonesia. Bagaimana tidak, negara kecil yang terletak di Pasific ini telah berani-beraninya menyudutkan Indonesia pada forum internasional, seperti Sidang Ke-73 Majelis umum PBB di New York pada 27 September silam. Vanuatu dengan terang-terangan mendukung gerakan separatis serta menyuarakan dukungan bagi Papua Barat agar menentukan nasib sendiri.

Jelas saja hal ini sangat bertentangan dengan Pemerintah Indonesia yang berupaya sekuat tenaga untuk menumpas OPM dan mempertahankan Papua agar tetap dalam pangkuan Ibu Pertiwi. Vanuatu nampaknya telah mengorbankan persahabatannya dengan Indonesia, yang selama ini selalu simpati dan peduli dikala mereka mendapat musibah seperti badai siklon yang menerpa negara tersebut pada 2015 silam.

https://police.gov.vu

Selain Vanuatu, Perdana Menteri Tuvalu, Enele Sopoaga dan Presiden Marshall Islands, Hilda Heine ternyata juga menyatakan sikap yang sama terhadap Isu Papua. Mereka kompak menyudutkan Indoesia dan mendesak agar Dewan Hak Asasi Manusia PBB segera melakukan penyidikan terhadap dugaan pelanggaran hak asasi manusia oleh Indonesia di Papua Barat.

Sikap negara-negara Pasifik tersebut sudah membuat Indonesia sangat marah, bahkan menyebut bahwa dukungan mereka terhadap gerakan separatis sudah tak termaafkan lagi. Indonesia dengan keras menyatakan bahwa Papua adalah bagian permanen dari Indonesia sesuai dengan hasil referendum Papua menurut resolusi PBB pada 1969 silam. Jadi sudah jelas tak ada satupun negara atau pihak lainnya yang berhak mendukung pemisahan Indonesia dan Papua karena hal tersebut telah melanggar hukum internasional.

http://laduni.id

Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla bahkan telah mengeluarkan pernyataan tegas bahwa sikap negara-negara Pasifik tersebut yang mengganggu integritas teritorial Indonesia adalah sebuah tindakan permusuhan. JK bahkan mengancam jika Indonesia tak tinggal diam saja dan tak akan segan-segan mengambil langkah untuk 'menghantam' balik negara-negara tersebut jika masih nekat menyudutkan Indonesia melalui isu Papua.

Sikap tegas seperti ini wajib diambil Indonesia untuk memberikan rasa gentar terhadap negara-negara kecil ini. Mereka seharusnya sadar bahwa memancing kemarahan Indonesia sama saja dengan bunuh diri karena secara militer, negara-negara tersebut sangatlah lemah dan bisa saja hancur dalam hitungan hari jika konflik terbuka sampai pecah, bagaimana pendapatmu?


Sumber:

international.sindonews.com/read/1343448/42/indonesia-dukung-separatis-papua-vanuatu-tak-bisa-dimaafkan-1538600146

suarapapua.com/2018/09/30/isu-papua-jadi-polemik-terbuka-ri-dan-vanuatu-di-pbb

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot