UC News

7 Cara Menyelamatkan Diri Dari Kecelakaan Saat Anda Berkendara, No 6 Sedang Marak!

Seorang mantan Navy Seal berbagi nasihatnya yang paling penting jika Anda pernah terjebak di dalam mobil: "jika Anda panik, Anda akan kehilangan oksigen," katanya. Tetap tenang adalah salah satu pedoman dasar untuk selamat dari bencana di mobil Anda. Tetapi ada beberapa hal lain yang perlu diketahui yang akan memberi Anda kesempatan untuk bertahan hidup dari yang terburuk.

Penulis melansir dari brightside.me (26/02/2020), bahwa mereka membuat panduan keselamatan yang harus dibaca oleh siapa pun yang menggunakan mobil, sebagai pengemudi atau penumpang, jika terjadi bahaya saat di jalan. Inilah penjelasannya!

1. Saluran listrik yang jatuh pada mobil

7 Cara Menyelamatkan Diri Dari Kecelakaan Saat Anda Berkendara, No 6 Sedang Marak!
Referensi pihak ketiga

Saluran listrik yang terputus adalah kecelakaan umum di tengah badai hebat. Ban mobil karet berfungsi sebagai insulasi, jadi tetap berada di dalam mobil akan membuat Anda tetap aman. Tetap tenang dan minta bantuan.

Apa yang harus dilakukan:

  • Jika ada kebakaran atau cedera parah dan Anda harus membiarkan mobil membuka pintu tetapi jangan menyentuh mobil karena ada listrik yang mengalir di atasnya. 
  • Jika Anda memiliki alas lantai karet, sebagian besar terbuat dari bahan karet, letakkan di tanah di luar sejauh yang Anda pikir bisa Anda lompat.
  • Tanggalkan semua pakaian panjang yang Anda miliki sebelum melompat. Anda tidak boleh menyentuh tanah dan mobil secara bersamaan atau Anda akan tersengat listrik.
  • Saat Anda siap, lakukan lompatan dengan kedua kaki saling berdekatan, dan mendaratlah di atas matras.

2. Longsoran salju

Referensi pihak ketiga

Jika Anda mengemudi dan terjadi longsoran salju, bagian yang paling mengancam bukanlah dingin dan salju, tetapi karbon monoksida yang dapat masuk ke mobil dari knalpot yang tersumbat dan akan menyebabkan mati lemas.

Apa yang harus dilakukan:

  • Pertama-tama, matikan mesin untuk menghindari insiden karbon monoksida.
  • Jika mobil Anda tertutup, jangan coba membuka pintu atau jendela apa pun. Salju akan mengisi mobil dan Anda tidak akan bisa keluar.
  • Sebaliknya, tetaplah di tempat Anda berada dan cobalah untuk tetap hangat. Dekatkan kaki Anda ke dada dan gunakan pakaian apa pun yang tersedia. Mobil akan tetap hangat untuk sementara waktu karena salju bertindak sebagai isolator.
  • Yang terpenting, kelola pernapasan Anda. Anda hanya memiliki oksigen selama beberapa jam, jadi jangan sia-siakan dengan menyalakan api atau rokok.
  • Bunyikan klakson terus-menerus agar diperhatikan.

3. Tornado

Referensi pihak ketiga

Mobil bukanlah tempat terbaik untuk menjadi ketika tornado menyerang. Anda harus keluar dan berlari secepat mungkin untuk menemukan tempat berlindung atau struktur tertutup. Tapi mungkin tidak ada apa-apa di sekitar.

Apa yang harus dilakukan:

  • Berkendara menjauh dari jalur tornado. Pergi 90 derajat ke kiri atau ke kanan. Anda harus selalu dapat melihat tornado di kaca spion.
  • Jika sudah terlambat untuk itu, turunkan jendela untuk menghindari pecahan kaca pada Anda dan turun serendah mungkin saat masih tertekuk.

4. Badai

Referensi pihak ketiga

Ini juga skenario yang sulit. Berbeda dengan menghadapi tornado, jika Anda terjebak dalam badai Anda harus tetap di dalam mobil untuk keselamatan, tetapi jangan terjebak dalam lalu lintas di sekitar kendaraan lain.

Apa yang harus dilakukan:

  • Temukan rute evakuasi, cobalah mencari jalan keluar alternatif.
  • Berkendara jauh dari badai segera, tetapi tidak cepat, karena kecepatan dapat menyebabkan Anda untuk hydroplane dengan mobil, yang akan membuat Anda kehilangan traksi dan kontrol kendaraan.
  • Jangan pernah melewati air. Selalu mencari trotoar sebagai ukuran keamanan, jika Anda tidak bisa melihatnya maka itu tidak aman untuk dilalui.

5. Gempa bumi

Referensi pihak ketiga

Jika Anda berada di dalam mobil dan gempa bumi terjadi, Anda mungkin aman. Apa yang harus dilakukan:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjauhi gedung-gedung tinggi dan pohon-pohon besar untuk menghindari kemungkinan mereka runtuh di atas Anda.
  •  Jika Anda menemukan diri Anda di garasi parkir, keluar dari kendaraan dan berbaring di antara 2 mobil untuk menemukan keselamatan.

6. Pembajakan mobil

Referensi pihak ketiga

Yang paling penting adalah mencoba menghindari pembajakan mobil. Selalu menjaga pintu Anda terkunci dan jendela Anda tetap tinggi dan ketika diparkir di antara mobil, sisakan ruang di belakang dan depan, sehingga jika seseorang mencoba masuk, Anda dapat melakukan manuver cepat dan mengusir secepatnya.

Apa yang harus dilakukan:

  • Taktik populer yang digunakan disebut "bump and jump" di mana seseorang menabrak mobil Anda dan menunggu Anda keluar, sehingga mereka dapat mengambil mobil Anda. Jika ini terjadi pada Anda, bahkan tidak keluar dari mobil dan berkendara ke arah yang berlawanan.
  • Jika pembajak berada di mobil Anda dan memaksa Anda mengemudi, langsung ke kantor polisi atau tempat yang sangat ramai.
  • Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mencoba memberi tahu orang tersebut bahwa ada alat pelacak di mobil yang tidak dapat Anda nonaktifkan sendiri.
  • Jika Anda tidak dapat melakukan hal-hal di atas, kendarai dengan sembarangan: kecepatan, matikan lampu dan nyalakan atau ubah jalur secara tidak menentu. Tujuannya adalah agar diperhatikan dan ditarik oleh polisi.

7. Terkunci di bagasi

Referensi pihak ketiga

Dalam skenario langka yang dipaksa masuk dan dikunci di bagasi mobil oleh pembajak mobil, ada juga cara untuk diperhatikan. Apa yang harus dilakukan:

  • Cobalah untuk melepas lampu rem atau menendang mereka keluar. Anda mungkin akan diperhatikan oleh pengemudi di belakang Anda atau mudah-mudahan, pengemudi akan ditarik oleh petugas polisi.
  • Model-model terbaru memiliki tali penyelamat di bagasi. Jika Anda tahu di mana Anda berada, Anda bisa keluar.
  • Cobalah untuk mencapai kursi belakang dengan mendorong kursi ke bawah untuk keluar dari pintu belakang.
  • Jika Anda tidak dapat melakukan hal-hal di atas, sebagai langkah terakhir, cari jack atau perangkat keras lainnya dan ketika mobil berhenti dan pembajak membuka bagasi, serang mereka untuk melarikan diri.

Pernahkah Anda menemukan diri Anda dalam bahaya potensial? Apakah Anda tahu kiat keamanan untuk bencana alam atau skenario serupa? Bagikan di komentar.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot