UC News

6 Brand Streetwear Asli Indonesia

  • 6 Brand Streetwear Asli Indonesia
    Streetwear | Various brand

Streetwear menjadi salah satu bagian penting industri fashion karena memenuhi kebutuhan mereka yang ingin penampilannya keren namun tidak pasaran. Streetwear menunjukkan karakter personal pemakainya di tengah komunitas yang memiliki kesamaan filosofi dan gaya hidup.

Dalam skala global, beberapa brand seperti Vans, Stussy dan Supreme termasuk streetwear.Clothing line ini pada awalnya merupakan ekspresi seni penciptanya yang lambat laun memiliki banyak penggemar. Seiring semakin dikenalnya brand tersebut, permintaan produksinya semakin besar dan pada akhirnya menjadi bisnis yang menyasar kalangan di luar komunitas awal.

Bagaimana dengan streetwear di tanah air? Kali ini, Lanangindonesia.com akan memperkenalkan enam brand streetwear karya anak bangsa dengan koleksi yang istimewa. Kalian mungkin sudah memiliki produk dari beberapa brand tersebut.

UNIONWELL

Otomotif, vintage culture, musik dan seni bersenyawa menghidupkan brand asal Bandung ini. Salah satu signature look koleksinya adalah ilustrasi dan teks yang mengingatkan kita pada Amerika Serikat tempo doeloe. Tampilan old school ini tak saja sesuai dengan penggemar motor kolektor seperti Deus, tapi juga bagi mereka yang ingin terlihat gaya hanya dengan mengenakan t-shirt yang cocok untuk dipakai ke semua tempat santai.

@AGLXY

Menariknya, t-shirt ini dibuat handmade dari katun kanvas 100% yang nyaman dengan tinta berbahan dasar air. Rentang harga yang tak jauh beda dengan merk massal di mal, menjadikan produk mode ekologi ini jauh lebih membanggakan untuk dipakai. Tokonya sendiri pun sudah menjangkau Malaysia. Lihat koleksi mereka di www.unionwelloriginal.com.

BLUESVILLE

Easy style dengan sentuhan mode kekinian membuat Bluesville sesuai bagi pria yang ingin tetap maskulin dan trendi. Selain t-shirt dengan ilustrasi, brand yang bermarkas di Cipete, Jakarta Selatan ini juga menghadirkan kemeja dalam desain yang otentik sekaligus menarik seperti Crazy Panel Sakara, Batik Ombak, dan Camo Strap Sakara (jaket model kimono dalam camouflage print).

Secara keseluruhan, kreasi mereka sangat fashionable namun tetap menempatkan pria di jalur yang seharusnya; gaya maskulin. Penasaran? Klik www.thebluesville.com.

JAN SOBER

Jan Sober merupakan salah satu brand streetwear dalam look yang clean namun menyertakan detil kekinian secara halus. It’s modern and timeless. Jaket kimono dalam warna netral, kemeja lengan pendek tak berkerah, dan kemeja ber-layer dengan detil lipit vertikal berwarna biru navy adalah beberapa contoh koleksinya yang layak dijadikan investasi mode.

@AGLXY

Pakaian Jan Sober mudah didapatkan melalui berbagai online store dengan kisaran harga mulai 200 ribuan hingga 800 ribuan.

KANA

Warna indigo dan detil batik tulis menjadi ciri khas koleksi KANA yang mengkategorikan dirinya sebagai slow fashion. Atasan longgar yang nyaman, jaket kimono hingga bandana koleksinya berbaur dengan tren global namun terlihat ekslusif (dan sangat indonesia) dengan detil batik.

@AGLXY

Bagi pria yang mengapresiasi dan menerapkan eco-fashion, tekhnik natural dye dalam penciptaan setiap kreasi Kana ini tentu akan menjadi daya tarik lebih. Kanagoods.com merupakan situs resmi brand ini.

NOT JUST A LABEL

Menemukan dan mendukung pionir mode kontemporer dunia adalah semboyan dari platform www.notjustalabel.com yang didirikan sejak 2008 ini. Platform ini telah mendukung setidaknya 22.000 desainer dari setidaknya 110 negara. Ia mendorong para desainer untuk menciptakan produk fashion yang berkelanjutan dan menyokong komunitas serta pekerja seni lokal.

Beberapa desainer dan brand pakaian pria tanah air bekerjasama dengan platform digital ini. Akbar de Wighar melalui brand BERYDW, William Gunawan melalui brand Coup D’Etat / CDE, hingga NISKALA dibawah arahan kreatif Marsya I Ramadhani.

AGLXY

Ageless Galaxy atau AGLXY membuat produk basic berkualitas dengan sentuhan seni yang terinspirasi luar angkasa. Ilustrasi yang art-y dan motivasi grafis yang disisipkan melalui jaket, t-shirt, aksesori hingga kaus kaki membuat koleksi mereka tampak fun sekaligus cool. AGLXY bukan sekedar produk mode, namun ia bagian dari gaya hidup komunitas yang mengapresiasi seni. Brand ini kerap mengadakan art project dengan partisipasi komunitasnya sebagaimana tertera pada situs www.aglxy.com.

@AGLXY

Berbeda dengan produk fashion massal yang banyak didistribusikan di mal dengan menghabiskan banyak biaya untuk iklan di berbagai media, streetwear pada awalnya merupakan produk mode terbatas yang didistribusikan dan dikenakan oleh komunitas tertentu. Jadi kalau ingin tampil lebih beda sebaiknya lebih memilih produk-produk streetwear brand-brand di atas bro!

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot