UC News

Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X. Apa Bedanya dan Lebih Bagus Mana?

Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X. Apa Bedanya dan Lebih Bagus Mana?

Setelah meluncurkan smartphone dual-camera dengan harga terjangkau, Mi 5X, beberapa hari berikutnya secara resmi Xiaomi meluncurkan smartphone Android One yang bernama Mi A1.

Secara desain, spesifikasi hardware, dan fitur memang Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X tidak memiliki perbedaan. Namun ternyata kedua smartphone ini memiliki perbedaan dalam hal sistem operasi.

Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan antara kedua smartphone ini secara lengkap pada informasi sebagai berikut :

Persamaan Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X

Prosesor, RAM, dan storage

Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X sama-sama memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal yang dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB.

Kamera

Kedua smartphone ini dibekali dengan dual-camera utama yang memiliki kombinasi 12 MP wide-angle dan 12 MP telephoto sehingga mampu melakukan 2x optical zoom dan mengambil foto berefek bokeh. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang dapat menghasilkan foto selfie dengan baik.

Layar dan Baterai

Keduanya memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD(1.920 x 1.080 piksel), berteknologi LTPS IPS LCD, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3. Sementara baterainya sama-sama berkapasitas 3.080 mAh.

Desain dan bentuk

Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X mempunyai lengkung di keempat sisinya, sensor fingerprint di bagian belakang, dan tombol navigasi kapasitif di bagian depan. Bodi sendiri berbahan logam, berdimensi 155,4 mm x 75,8 mm x 7,3 mm dan bobot 165 gram yang masih nyaman dipegang tangan.

Perbedaan Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X

Android One (Khusus Mi A1)

Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone pertama Xiaomi yang tidak memiliki MIUI dan menggunakan sistem operasi Android murni. Hal disebabkan karena Mi A1 merupakan salah satu proyek Android One dari Google yang bekerja sama dengan Xiaomi. Namun Google menjanjikan update dan upgrade sistem operasi selama dua tahun untuk smartphone ini.

Contohnya saja Xiaomi Mi A1 akan mendapatkan upgrade Android 8.0 Oreo pada tahun 2017 ini lebih dulu dibandingkan smartphone Xiaomi lainnya yang menggunakan MIUI 9 berbasiskan Android Nougat.

Sistem operasi

Xiaomi Mi A1 benar-benar menggunakan sistem operasi Android murni sehingga fitur-fitur yang ditawarkan tidak kustomasi, minim bloatware, dan lebih ringan dibandingkan MIUI 9 berbasis Android Nougat milik Mi 5X yang memiliki tampilan antarmuka, fitur, dan fungsi rekayasa dari Xiaomi.

Harga

Xiaomi Mi A1 sendiri dibanderol dengan harga yang mencapai 14.999 Rupee atau sekitar Rp 3,1 juta ketika diluncurkan di India. Selanjutnya, Mi A1 akan dijual di beberapa negara termasuk Indonesia.

Sedangkan Xiaomi Mi 5X baru dijual di Tiongkok dengan harga yang mencapai 1.499 atau sekitar Rp 2,9 juta ketika diluncurkan di Tiongkok.

Kesimpulan

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki harga, spesifikasi hardware, dan fitur yang sama. Bagi Gadgeter yang menyukai dengan update sistem operasi yang cepat maka Mi A1 pilihannya, namun apabila Gadgeter lebih senang dengan MIUI 9 maka Mi 5X jadi pilihannya.



READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan