UC News

Wanita Hamil Ini Mengandung Dua Janin Berbeda Usia, Kenali Superfetasi

Wanita Hamil Ini Mengandung Dua Janin Berbeda Usia, Kenali Superfetasi
twitter.com@drprimapic

Saat seorang wanita mengalami masalah dengan kehamilan, sampai tidak bisa hamil, bisa saja menitipkan bakal janinnya di dalam rahim orang lain. Orang lain dinamakan ibu pengganti.

Menurut laman New York Post, seorang ibu pengganti yang bernama Jessica Allen, berusia 31 tahun ini mengalami suatu hal aneh setelah dia di titpkan bakal janin orang lain dalam dirinya. Saat diperiksa ternyata di dalam rahimnya ada dua janin. Janin kedua merupakan janin asli milik Jessica. Usia janin terpaut 6 bulan.

Selama dia hamil, dia hanya percaya bahwa bayi titipan itu kembar. Namun setelah keduanya lahir dan diperiksa DNA mereka tidak kembar. Hasil tes DNA menunjukkan bahwa satu bayi, asli merupakan pasangan biologis dari Jessica. Dia pun tentu sangat kaget.

Yang terjadi pada Jessica adalah superfestasi, yaitu kejadian langka dimana ada janin lagi setelah wanita dinyatakan hamil. Tentu kehamilannya akan berbeda usia, biasanya beda beberapa minggu, karena kedua janin berasal dari sel telur dan pembuahan yang berbeda.

m.baranews.com

Bagaimana superfetasi bisa terjadi?

Apa yang terjadi pada Jesicca merupakan suatu yang langka. Apalagi setelah dilakukan prosedur IVF hamil alami jarang terjadi. Seperti menurut dr Saima Aftab, direktur medis dari Pusat Perawatan Janin di Rumah Sakit Anak Nicklaus, seperti dilansir dari Live Science, "Biasanya ketika wanita hamil, beberapa proses biologis mencegahnya hamil untuk kedua kalinya selama masa kehamilan. Tubuhnya melepaskan hormon yang menghentikan ovulasi (pelepasan telur dari ovarium), sebuah penyumbatan lendir yang berkembang di serviks, yang mencegah sperma berjalan ke rahim, dan lapisan rahim berubah, sehingga menyulitkan embrio lain untuk ditanamkan.”

Hingga saat ini, belum ditemukan teori atau penelitian yang berhasil menjawab bagaimana seorang wanita bisa berovulasi ketika dirinya sedang mengandung. Seperti halnya menurut dokter kandungan WebMD, dr. Jeffrey Kuller, fenomena superfetasi ini akan sangat jarang terjadi pada manusia. Belum tentu kejadian ini bisa terulang lagi. Fenomena ini masih misteri.

motherandbaby.com

Nyatanya ilmu manusia tidak ada apa-apanya ya. Sungguh besar kekuasaan Tuhan. Bagaimana menurut anda?


Sumber :

hellosehat.com/kehamilan/kandungan/hamil-janin-yang-beda-usia/

merdeka.com/dunia/langka-wanita-ini-hamil-lagi-ketika-sedang-mengandung.html

Topic: #hamil
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot