UC News

Tips agar Mahasiswa Tetap Semangat Belajar meski Puasa

Tips agar Mahasiswa Tetap Semangat Belajar meski Puasa
Doc. Pribadi

Buat kamu para Mahasiswa pasti nih lagi  hectic  menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS). Apalagi sekarang pas banget sama bulan suci Ramadhan, jadi kamu bakal UAS sambil puasa ya. Eeits, tapi puasa bukan alasan lho buat enggak belajar. Nih tips buat kamu supaya tetap semangat belajar dan fokus UAS meski sedang berpuasa!

1. Sambil Sahur Buka Buku

dwipremadha.penabulu.net

Salah satu keberkahan Ramadhan adalah ketika sahur. Sahur itu termasuk sunnah pas berpuasa, jadi untuk orang yang hendak berpuasa dianjurkan bangun lebih awal sebelum subuh untuk menyantap makanan. Nah, waktu ini nih yang pas banget buat belajar. setelah menyantap sahur, kamu bisa buka buku dan mereview ulang pelajaran yang kamu dapatkan selama di kelas. Suasana yang tenang dan otak yang masih fresh bakal membantu kamu lebih paham dengan materi kuliah.

2. Kalo Gak Kuat, Jangan Dipaksa

blog.awalbros.com

kalau gak kuat jangan dipaksa! Eh, bukan gak kuat puasanya ya, kalo gak kuat belajarnya, jangan dipaksakan, tapi puasanya tetap harus ditahan. Sering nih kita terlalu memaksakan diri kita untuk belajar tanpa memikirkan kualitas belajar kita. kalo memang kamu enggak kuat atau sudah merasa pusing buat belajar, kamu bisa istirahat dulu. Lakukan hal-hal lain yang buat tubuh kamu rileks lagi. Misalnya olahraga ringan, atau keluar rumah sambil menghirup udara di taman. Ketika tubuh kamu fresh lagi, kamu bisa lanjut belajar, ingat ya gak perlu diforsil.

3. UAS Bukan Tahu Bulat, Jangan Dadakan!

resepkoki.id

Ini nih penyakit Mahasiswa jaman sekarang, kalau belajar buat UAS pasti dadakan, kayak tahu bulat. Sistem Kebut Semalam atau bahkan Sistem Kebut Sejam jadi hal yang biasa. Padahal gak mudah belajar dan mengulang materi selama satu semester kebelakang. Apalagi kondisi tubuh kita yang sedang berpuasa, kita bakal kelelahan dan susah fokus. Jadi kamu harus lebih bisa membagi waktu belajar. Cara yang tepat yaitu waktu kamu selama di kelas, gunakan sebaik mungkin supaya kamu benar-benar paham. Ketika di rumah kamu tinggal mengulang materi dan latihan soal saja, jadi gak perlu menghabiskan energi kamu buat memahami materi dari awal karena sudah paham ketika di kelas.

4. Reward Setelah UAS

wikiwand.com

Setelah UAS bagaimana pun kondisinya, lupakan saja. Jangan sekali-kali buka buku buat ngebahas soal UAS tadi. Apalagi kalau besok ada mata kuliah lain yang harus kamu hadapi. Hal yang perlu kamu lakukan setelah UAS adalah memberikan reward buat kamu sendiri. Setelah menghadapi lelahnya UAS berpuasa seharian, kamu bisa memberikan reward berupa makanan atau camilan kesukaan kamu. Misalnya beli es krim, buka puasa di tempat favorit, atau buka bareng sama mantan, *eh. Pokoknya kamu buat rileks tapi tetap fokus. Supaya hasil UAS kamu bagus dan ibadah selama puasa juga gak ketinggalan.

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan