UC News

Terungkap, Ini yang Terjadi dengan Kotoran Manusia di Toilet Pesawat

Terungkap, Ini yang Terjadi dengan Kotoran Manusia di Toilet Pesawat
Sumber Gambar: www.dlautoluxexoticcars.com

Buang air di toilet tak akan menjadi masalah. Apalagi bila dilakukan di rumah sendiri. Namun apa jadinya kalau kamu buang air besar di pesawat?

Apakah kamu pernah penasaran dengan sistem buang air di pesawat terbang? Apakah kotoran manusia itu akan dibuang langsung seperti saat naik kereta? Atau ditampung lebih dulu? Baru dibuang nanti. Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu, kamu wajib baca penjelasan di bawah ini!

1. Seperti kita tahu, WC di pesawat terbang adalah sebuah bilik kecil yang begitu sesak.

Gak nyaman, tapi apa bisa dikata kalau sudah kebelet.

2. Tapi kalau sudah di ujung tanduk, kita tetap perlu menuntaskannya 'kan?

Pokoknya harus dikeluarkan sampai tuntas!

3. Ketika tombol ‘flush’ ditekan, katup toilet terbuka dan limbah kotoran dialirkan ke tempat penyimpanan berlapis teflon.

Ruang vakum menciptakan penyedotan yang mengalirkan limbah kotoran ke dalam ruang-ruang penyimpanan berbentuk tangki yang berlapis teflon.

4. Ingat balok es biru jatuh dari langit? Ya, beginilah rupa kotoranmu di pesawat.

Itu adalah hasil buangan dari toilet pesawat terbang. Balok es itu adalah kotoran yang telah dibekukan oleh udara di ketinggian. Sementara warna biru ialah kotoran yang telah dicampur cairan kimia sebagai penetral kotoran. Namun cara ini membahayakan orang-orang di daratan, maka kemudian ditinggalkan oleh maskapai-maskapai penerbangan.

5. Hanya menggunakan ruang penyimpanan pun kadang masih berbahaya. Kalau ada turbulensi gimana?

Kalau kotoran hanya disiram untuk mengalir ke ruang penyimpanan, itu juga berbahaya. Ketika pesawat terkena turbulensi, kotoran bisa membludak keluar dari ruang penyimpanan. Gak asyik sama sekali kalau penumpang sampai terkena kotoran tersebut. Selain itu juga bisa membahayakan keselamatan penerbangan.

6. Solusinya adalah menggunakan ruang vakum.

Teknologi ini sebenarnya sudah ada dan digunakan semenjak tahun ‘80an.

7. Dengan cara ini, limbah kotoran tersimpan dengan aman.

Tiap pesawat mendarat, maka ada petugas yang membersihkan limbah kotoran. Meskipun itu adalah pekerjaan kotor, namun mereka sangatlah berjasa. Angkutan yang dipakai untuk mengangkut kotoran limbah disebut ‘Honey Truck’.

Nah, sudah terjawab 'kan buangan itu berakhir ke mana?

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan