UC News

Tanaman Liar di Fly Over kebayoran Lama Dibersihkan

Tanaman Liar di Fly Over kebayoran Lama Dibersihkan
Petugas PPSU Kelurahan Kebayoran Lama Utara menggunakan tangga Sudin PKP Jaksel untuk membersihkan tanaman merambat di jembatan layang Kebayoran Lama saat BBJS Minggu (9/7). (Rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Suku Dinas Penanggulangan dan Penyelamatan Kebakaran (PKP) maupun Sudin Perhubungan Jakarta Selatan dikerahkan saat bersama petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kebayoran Lama Utara membersihkan tanaman liar di tengah jembatan layang Kebayoran Lama.

“Tanaman merambat di tengah badan fly over ini cepat sekali tumbuhnya dan nyaris menjuntai ke jalan. Hal ini merusak estetika kawasan,” kata Camat Kebayoran Lama, Sayid Ali didampingi Sekretaris Kecamatan, Habib As’ari saat Bersih-Bersih Jakarta Selatan (BBJS) pasca lebaran yang dipusatkan di Pasar Kebayoran Lama.

Pasar ini memang menjadi ikon Kebayoran Lama sehingga dijaga betul terkait penataan kawasan dan pengelolaan lingkungan.

Dalam penanganan tanaman merambat itu, Sayid berkoordinasi dengan Sudin PKP Jaksel yang mengerahkan tangga khusus. Sedangkan petugas Sudin Perhubungan bertugas mengatur lalu lintas di bawahnya selama pembersihan rerambatan tersebut. Pasukan oranye tampak sigap merapihkan tanaman liar dengan ketinggian sekitar 12 meter.

Dalam BBJS tersebut Camat Kebayoran Lama dan jajaran juga menanam belasan pohon pucuk merah dan tanaman hias di sejumlah sudut di Pasar Kebayoran Lama. Penanaman pohon di area pasar bertujuan mengedukasi para pedagang untuk turut menjaga keindahan lingkungan.

“Taman di pasar ini sudah dipercantik jadi tolong dirawat. Jika ada pedagang yang menumpuk dagangannya di area taman, kami akan angkut,” tandas Sayid.

Tim BBJS juga menyisir tempat pemotongan ayam di RT 02/01 Kebayoran Lama Utara. Di lokasi ini saluran mampet akibat tertutup limbah bulu ayam dan kotorannya. Lingkungan tampak semrawut dan bau.

Sayid pun jengkel dan memerintahkan PPSU untuk segera menjebol dan membersihkan limbah ayam itu. Selanjutnya pemilik diultimatum untuk membenahi saluran agar limbah tidak mengotori lingkungan.

“Hari ini saya peringatkan, jika membandel saya akan keluarkan Surat Peringatan terhadap usaha pemotongan ayam ini,” tandasnya didampingi Lurah Kebayoran Lama Utara, Waluyo.

Habib As’ari, Sekcam Kebayoran Lama menambahkan sampah hasil BBJS diangkut ke 3 truk yang langsung dibuang ke Bantar Gebang. (Rachmi)

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan