UC News

Pemerintah Beralih Persiapkan Jalur Selatan untuk Mudik 2018

Pemerintah Beralih Persiapkan Jalur Selatan untuk Mudik 2018
Ilustrasi jalan tol

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah sukses mengawal mudik 2017, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), akan mempersiapkan jalur mudik 2018 di jalur selatan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono memaparkan jika dalam mempersiapkan jalur mudik Lebaran, pihaknya sudah bekerja jauh-jauh hari sebelum mudik tiba.

"Jadi untuk arus mudik Lebaran tahun 2018 sudah kami siapkan mulai Agustus besok. Jadi kami hanya punya waktu selama 10 bulan ke depan untuk mempersiapkan jalur mudik tahun 2018," tegasnya.

Menurut Basuki, untuk rencana mudik 2018, Kementerian PUPR akan menggarap jalur lintas selatan terutama di beberapa titik yang saat ini masih sering terjadi kemacetan seperti di jalur Nagrek.

"Di jalur tersebut terutama di underpass Nagrek sudah sering terjadi kemacetan yang parah sehingga perlu dicarikan solusi yang tepat untuk memecah kemacetan," sambungnya.

Untuk memecah kemacetan, rencananya akan dibuat jalan tol dari Ciawi-Cikijing-Jatigede-Sumedang-Bandung. Jalan tol tesebut akan dimulai pengerjaan konstruksinya pada Agustus mendatang.

"Di jalur tersebut masih tersisa pembebasan lahan sepanjang 1 km, dan ini bisa sambil berjalan," pungkasnya.

Selain itu, jalur alternatif lain juga akan disiapkan, seperti jalur Limbangan-Gentong di Pantai Selatan Jawa Barat, juga jalur Krukut-Purwokerto-Patakan-Temanggung. (*)

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan