UC News

Ngeri, Ini Dampaknya Kalau Kamu Kecanduan Gadget

Ngeri, Ini Dampaknya Kalau Kamu Kecanduan Gadget
Pexels

Gadget pada zaman sekarang membuat banyak waktu dari generasi penerus terbuang sia-sia tanpa manfaat. Walaupun bermain gadget memiliki manfaat, tetapi kecanduan atau keseringan bermain gadget akan membuat kita menjadi manusia yang tidak produktif. Kecanduan bermain gadget harus dikurangi supaya dampak negatif dari bermain gadget tidak ada pada diri kita. Berikut akibat-akibat dari kecanduan gadget :

1. Penglihatan terganggu.

http://www.labelo.co.id

Banyak dari generasi sekarang mempunyai mata yang rusak dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mata ini kebanyakan rusak akibat Computer Vision Syndrome (CVS) dengan gejala mata kering akibat kurangnya berkedip saat bermain gadget. Tanpa kita sadari, kedipan mata saat bermain gadget dengan kedipan mata saat melaksanakan kegiatan sehari - hari berbeda jauh. Untuk menghindari penyakit ini, disarankan untuk tidak bermain gadget sambil tiduran.

 

2. Kelainan postur tubuh.

https://teknobos.com

Kelainan postur tubuh yang paling sering dialami adalah kelainan pada tulang leher. Hal ini diakibatkan saat kita menggunakan smartphone, kebanyakan dari kita kepalanya membungkuk sehingga membuat leher pegal dan kelainan postur tubuh. Untuk itu, disarankan supaya saat menggunakan smartphone janganlah kepala kita membungkuk namun angkatlah smartphone atau gadget supaya lurus dengan kepala kita. 

3. Gangguan pada pendengaran.

http://joherujo.blogspot.co.id

Penyakit  ini biasa didapatkan oleh para pengguna gadget yang terlalu sering menggunakan earphone dalam mendengarkan lagu dan menonton video sehingga menyebabkan gendang telinga rusak yang bisa berakibat serius dalam pendengaran. Oleh karena itu, disarankan untuk para pengguna smartphone untuk tidak menggunakan earphone terlalu sering dan volume suara jangan terlalu kencang.

4. Mengurangi produktivitas.

http://www.centroone.co.id

Ini bukanlah sebuah penyakit, namun memiliki dampak yang buruk bagi kehidupan sehari - hari kita karena waktu kita akan terbuang sia - sia. Waktu yang seharusnya bisa kita pakai untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga, bekerja, tidur, membuat tugas, memasak, dll habis karena memakai gadget. Oleh karena itu, disarankan kita supaya bisa membagi waktu sebaik mungkin supaya waktu kita tidak terbuang sia - sia untuk hal yang tidak penting.

5. Menimbulkan kecanduan.

https://health.detik.com

Banyak dari anak zaman sekarang yang sudah kecanduan gadget mulai dari membalas email, chatting dengan teman, bahkan ada yang sampai melupakan tugas utamanya. Kecanduan ini harus dihentikan supaya waktu terutama bagi anak - anak menjadi berharga karena sedang dalam masa pertumbuhan. Jika dalam masa pertumbuhan seorang anak hanya bermain gadget, tentu akan menggangu masa pertumbuhannya. Bahkan terapi untuk kecanduan gadget sudah ada dan sama seperti terapi kecanduan narkoba.

Yah, jadi itulah beberapa dampak dari keseringan bermain gadget. Hati - hati ya guys, jangan sampai kalian menjadi salah satu orang yang kecanduan bermain gadget karena akan berakibat fatal bagi masa depan.

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan