UC News

Mudik 2018, pemerintah siapkan tol jalur selatan Jawa

Jalur alternatif juga tengah disiapkan
Mudik 2018, pemerintah siapkan tol jalur selatan Jawa
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono (kanan), Dirut PT Trans Jabar Tol Muhammad Sadeli (kiri) meninjau pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi I, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/6).

Jalur mudik di Jawa selama ini identik dengan jalur pantai utara alias Pantura. Namun tahun depan, jalur pantai selatan juga bisa diandalkan untuk pemudik.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, berdasar evaluasi mudik 2017 jalur selatan yang masih macet.

Jalur yang macet meliputi kawasan Nagreg-Ciawi yang menghubungkan Tasikmalaya-Bandung. Lalu jalur Cibadak-Sukabumi, Karangsawah, dan Yogyakarta-Kebumen-Wangon.

Menurut Basuki, seperti dinukil dari kontan.co.id, jalur underpass Nagreg sering macet parah. Solusi yang tengah disiapkan, yaitu pembangunan Jalan Tol Bandung-Tasikmalaya. Pembebasan lahan untuk jalan tol ini tinggal 1 kilometer lagi.

Pemerintah sudah memiliki desainnya. "Kami akan siapkan mulai Agustus besok. Jadi kami hanya punya waktu selama 10 bulan ke depan untuk mempersiapkan jalur mudik tahun depan," katanya dalam jumpa pers di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (6/7) seperti dikutip dari bisnis.com.

Untuk kemacetan di Cibadak-Sukabumi terjadi karena kegiatan pasar di Cibadak, Cisaat, dan akses ke Pelabuhan Ratu serta Sukabumi. Solusinya akan dibangun jalur alternatif ke Pelabuhan Ratu dan mempercepat penyelesaian Jalan Tol Ciawi-Sukabumi.

Jalur Yogyakarta-Kebumen-Wangon karena sejumlah titik pasar, perlintasan kereta api (KA), dan persimpangan menuju lokasi wisata. Solusinya, pelebaran jalan di ruas Kutoarjo-Purworejo, pembangunan jalan layang perlintasan KA Sampang-Buntu, Karanganyar, dan Kutowinangun.

Jalur alternatif lain juga disiapkan seperti jalur Limbangan-Gentong untuk mencegah kemacetan panjang di Nagrek. Untuk jalur alternatif lain yang disiapkan adalah jalur Krukut, Purwokerto, Parakan hingga Temanggung juga akan disiapkan rencananya lebih baik lagi.

Pemerintah juga akan fokus menyelesaikan tol darurat Brebes-Gringsing, dan menambahnya hingga ke Semarang.

Pengelolaan mudik tahun ini dinilai lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Maklum, Kementerian PUPR sudah jauh-jauh hari mengantisipasi dan mempersiapkannya.

Di jalur selatan, pemerintah melebarkan jalan dari Cilacap-Jladri-Karangbolong-Yogyakarta. Pelebaran jalan tersebut berhasil memecah arus lalu lintas tujuan Yogyakarta yang menggunakan jalur Purwokerto-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta.

Kementerian PUPR juga membangun jalan lingkar darurat di wilayah Karangsawah, guna mengurangi kemacetan di perlintasan sebidang Ciregol-Karangsawah, Brebes. Tapi di jalur itu tetap macet, kemacetan masih ada karena aktivitas pasar tumpah dan perlintasan KA.

Pemudik tahun ini naik 2,44 persen dibanding tahun lalu. Tahun ini, ada 18.603.081 pemudik, sedangkan tahun lalu hanya 18.160.668 pemudik.

Pemudik dengan sepeda motor mencapai 6,39 juta unit. Angka itu meningkat 152,94 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya 2,52 juta sepeda motor.

Pengguna mobil pribadi juga melonjak 40,25 persen dari tahun lalu menjadi 3,1 juta kendaraan. Pengguna jalan tol naik tipis 2,95 persen menjadi 4,2 juta kendaraan.

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan