UC News

Mudik 2017 Lancar, Jalur Selatan untuk Mudik 2018 Disiapkan

Mudik 2017 Lancar, Jalur Selatan untuk Mudik 2018 Disiapkan
Pembangunan Fly Over

Jakarta – Meski mudik Lebaran 2017 baru saja usai, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mempersiapkan perencanaan yang matang, dan bekerja jauh hari sebelum musim mudik Lebaran 2018 tiba. Selain kesiapan sarana dan prasarana, kelancaran arus mudik juga ditentukan oleh faktor lain yakni regulasi, rekayasa lalu lintas dan perilaku pengendara sendiri.

“Untuk jalur mudik 2017 sudah dipersiapkan sejak 2016. Sedangkan arus mudik Lebaran 2018, kami akan siapkan mulai Agustus besok. Jadi kami hanya punya waktu selama 10 bulan ke depan untuk mempersiapkan jalur mudik tahun depan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono lewat siaran pers, Jumat (7/7)

Terkait penyiapan mudik 2018, Menteri Basuki mengatakan pihaknya akan meningkatkan pelayanan jalan di jalur Lintas Selatan, terutama di beberapa titik yang sering terjadi kemacetan, seperti Underpass Nagreg. Solusi tepat diperlukan untuk memecah kemacetan dengan pembuatan jalan alternatif baru.

Adapun jalan alternatif yang akan dibangun yakni dari Ciawi-Cikijing lalu masuk Jalan Lingkar Jatigede-Sumedang-Bandung.

"Sudah ada desainnya dan akan segera di lelang. Semoga tahun depan sudah bisa dimanfaatkan saat mudik," ucap Menteri Basuki.

Selain mengatasi kemacetan di jalur Nagreg, Kementerian PUPR juga akan menyiapkan jalur alternatif lain seperti jalur Limbangan-Gentong yang berada di lintas tengah Jawa Barat. Untuk jalur alternatif lain yakni di jalur Krukut, Purwokerto, Patakan hingga Temanggung juga akan disiapkan rencananya lebih baik lagi.

Sedangkan untuk Jalan Tol Trans Jawa, Kementerian PUPR akan memfokuskan penyelesaian ruas Brebes Timur-Grinsing hingga Semarang.

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan