UC News

LIGA EUROPA Arsenal Vs Koln: Pembuktian Lapis Kedua The Gunners

Liga Europa akan menyajikan duel Arsenal vs Koln.

LIGA EUROPA Arsenal Vs Koln: Pembuktian Lapis Kedua The Gunners
Para pemain Arsenal merayakan gol. (JIBI/Reuters/Paul Childs)

Solopos.com, LONDON — Arsenal harus rela turun di kasta kedua Eropa, Liga Europa, setelah musim lalu hanya finis kelima di klasemen Liga Premier Inggris.

Inilah kali pertama selama 20 tahun kepimpinan Arsene Wenger, Arsenal harus bermain di Liga Europa. Sebelumnya, mereka tak pernah absen di kasta tertinggi Eropa, Liga Champions, karena selalu memastikan finis di zona big four Liga Premier Inggris.

“Kami akan serius namun prioritasnya fokus pada Liga Inggris. Kemudian, Desember, kami akan lihat bagaimana posisinya, namun paling tidak kami harus lolos ke babak berikutnya,” ujar Wenger, seperti dilansir Worldsoccertalk.com, Rabu (13/9/2017).

Sejak awal, Wenger sudah terlihat ogah-ogahan untuk menurunkan kekuatan penuh di Liga Europa mengingat turnamen ini kalah gengsi dibandingkan Liga Champions. Namun, bukan berarti timnya akan bermain santai. Kiper Arsenal, Petr Cech, yang pernah menjuarai Liga Europa bersama Chelsea pada 2012/2013 menilai rekan-rekannya bisa menjadikan turnamen ini sebagai panggung mengobati kekecewaan setelah gagal lolos ke Liga Champions.

“Anda harus buat keputusan. Di Chelsea, kami benar-benar kecewa setelah terdepak dari fase grup Liga Champions, namun kami bikin keputusan untuk pertama dan terakhir bisa menjuarai Liga Europa Anda harus memperlakukannya serius dan Anda harus menjuarainya, maka Anda bisa mendapat kesempatan,” urai Cech, seperti dilansir Reuters.

Arsenal pun bakal memulai kampanye mereka di Grup H Liga Europa dengan menjamu tim Jerman, Koln, di Emirates Stadium, London, Jumat (15/9/2017) pukul 02.05 WIB. Namun, laga London Derby kontra Chelsea di Liga Inggris akhir pekan nanti bisa memecah konsentrasi Arsenal. Wenger diprediksi akan melakukan rotasi dengan menurunkan pemain lapis dua.

Penyerang Alexis Sanchez kemungkinan akan diistirahatkan. Sementara, peran ujung tombak The Gunners akan dipercayakan kepada Olivier Giroud. Wenger juga disebut-sebut akan memainkan gelandang Jack Wilshere yang musim lalu dipinjamkan ke Bournemouth.

Setelah dipermalukan Liverpool 0-4, Arsenal bisa bangkit menumbangkan Bournemouth tiga gol tanpa balas di Liga Inggris, akhir pekan lalu. Sementara Koln selalu menelan kekalahan dalam tiga laga pembukaa mereka di Bundesliga Jerman musim ini. Paling anyar, mereka dicukur Augsburg 0-3 yang membuat mereka semakin tenggelam di dasar klasemen sementara Bundesliga.

Duel ini sekaligus membuat Pelatih Koln, Peter Stoger, seolah-olah bercermin ketika bertemu dengan Wenger. Sama seperti Wenger yang menyandang rekor pelatih terlama di klubnya, Stoger merupakan juru taktik yang paling lama menukangi Koln. Pelatih berusia 51 tahun tersebut didatangkan pada 2013 dan telah melampaui rekor pelatih terlama Koln sebelumnya, Hennes Weisweiler, yang bertahan kurang dari empat tahun.

Mayoritas pelatih Koln memang tak berumur panjang di kursi kepelatihan klub ini. Bahkan legenda Belanda, Rinus Michels, hanya bertahan kurang dari tiga tahun mengarsiteki Koln. “Dalam standar Koln, saya sudah seperti Wenger,” jelas Stoger, seperti dilansir Espnfc.com.

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan