UC News

Konvoi Bus ISIS Tiba di Deir al-Zor

Konvoi Bus ISIS Tiba di Deir al-Zor
Warga sedang berjalan di jalanan di Deir el Zour, Suriah, 11 September 2017. (Foto: dok)

Iring-iringan bus yang membawa militan ISIS telah tiba di Deir al-Zor, Suriah, hari Rabu (13/9) sebagai imbalan pembebasan seorang anggota Hezbollah yang ditawan ISIS, kata seorang komandan aliansi pro-Damaskus kepada kantor berita Reuters.

Damaskus dan Hezbollah mengizinkan sekitar 300 militan bersenjata ringan dan 300 keluarga mereka meninggalkan perbatasan Suriah-Libanon dalam kesepakatan yang dicapai setelah dilancarkan serangan ke sana bulan lalu.

Koalisi yang dipimpin Amerika telah mencegah 17 bus itu mencapai Deir al-Zor selama beberapa pekan dan konvoi itu terpecah menjadi dua. Tidak jelas apakah semua bus tiba di wilayah yang dikuasai ISIS di Deir al-Zor.

Menurut kesepakatan evakuasi bulan Agustus itu, militan ISIS akan angkat kaki dari wilayah perbatasan dengan imbalan jaminan keselamatan untuk melakukan perjalanan ke Deir al-Zor di Suriah.

Hezbollah yang didukung Iran memegang peran besar dalam memerangi militan Sunni di perbatasan. Sejak awal konflik Suriah yang telah berlangsung enam tahun, Hezbollah telah mengirim ratusan anggotanya untuk mendukung presiden Bashar Assad. [ds]

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan