UC News

Kembangkan Pasar Meksiko, Amazon akan Bangun Gudang Raksasa

Kembangkan Pasar Meksiko, Amazon akan Bangun Gudang Raksasa
Pusat penyimpanan Amazon di Mexico City, Meksiko, 12 September 2017.

Amazon sedang mempersiapkan untuk membuka gudang seluas 1 juta kaki persegi dekat Mexico City, menurut sumber-sumber yang mengetahui rencana tersebut, sebagai bagian rencana perusahaan untuk memperkuat kehadirannya di industri e-commerce yang masih baru di Meksiko.

Gudang baru ini rencananya akan dibangun di kotamadya Tepotzotlan, sekitar 25 mil (40 kilometer) sebelah utara ibukota Meksiko, menurut empat profesional real estat yang mengetahui rencana ini. Pembangunan fasilitas ini diharapkan akan meningkatkan ruang distribusi Amazon tiga kali lipat menjadi 120 juta konsumen.

Rencana pengembangan pasar Meksiko ini berlangsung di tengah pembicaraan untuk mengubah Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA). Perubahan ini akan menguntungkan perusahaan ritel bermarkas di Seattle ini, apabila Amerika Serikat bisa membujuk Meksiko untuk menaikkan batas nilai transaksi daring untuk pembelian $50 yang dikenakan pada pembelian barang-barang yang bisa diimpor bebas bea.

Amazon adalah pendatang baru di Meksiko dengan pertama kali membuka situs pembelian e-books untuk konsumen Meksiko pada tahun 2013 dan kemudian meluas ke penjualan barang-barang secara fisik sejak dua tahun lalu. Namun penjualan Amazon berkembang pesat dibandingkan pesaing-pesaingnya seperti Wal Mart dan sekarang menjadi perusahaan ritel nasional terbesar ketiga. Amazon meraup penjualan 253 juta dolar di Meksiko tahun lalu, lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya, menurut perusahaan riset pasar, Euromonitor International

Juru bicara Amazon, Julio Gil menolak untuk berkomentar mengenai rencana gudang baru di Meksiko. Ia mengatakan anak usaha Amazon di Meksiko berusaha memperluas penawaran produknya, menawarkan pengiriman yang lebih cepat dan memperbaiki kelancaran dan keamaman proses pembelian untuk meyakinkan konsumen.

mazon currently operates two distribution centers in Mexico totaling more than 500,000 square feet (46,452 sq m), Gil said. Both are in Cuautitlan Izcalli in the state of Mexico, adjacent to the autonomous district of Mexico City, whose metro area is home to more than 20 million people.

Amazon mengoperasikan dua pusat distribusi di Meksiko dengan total luas 500.000 kaki persegi, kata Gil. Keduanya berlokasi di Cuautitlan Izcalli di Meksiko, bersebelahan dengan distrik otonomi Mexico City di mana wilayah kotanya ditinggali lebih dari 20 juta orang.

Gudang yang baru ini akan dibangun 7 mil dari fasilitas-fasilitas yang sudah ada. Semuanya berlokasi di jalan raya "NAFTA", wilayah industri yang membentang dari wilayah-wilayah pabrik Meksiko ke perbatasan Amerika.

Fasilitas ini akan dibangun oleh Prologis, perusahaan pengembang Amerika yang memiliki 45,9 persen saham Fibra Prologis. Fibra Prologis adalah perusahaan investasi real estat yang memiliki 34,2 juta kaki persegi ruang logistik dan manufaktur di seluruh Meksiko. Biasanya, Fibra Prologis akan mengakusisi properti dari Prologis, setelah pembangunan selesai. Prologis menolak berkomentar mengenai rencana Amazon, sementara Fibra Prologis menolak permintaan wawancara. [fw/au]

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan