UC News

Kamu Malah Malas Bekerja Setelah Liburan? Ini Penyebabnya!

Kamu Malah Malas Bekerja Setelah Liburan? Ini Penyebabnya!
pexels.com

Menanti saat berangkat liburan adalah waktu yang paling bikin gak sabar sedunia. Begitu pula saat kita tiba di tujuan liburan. Pengennya waktu dihentikan aja deh.

Tapi namanya 'berangkat', pasti kita akan bertemu dengan 'pulang'. Saat sudah pulang dan harus kembali beraktivitas, duh, beratnya! Padahal tujuan kita berlibur supaya pikiran kita lebih fresh saat selesai liburan. Namun, kok justru malah berat menghadapi aktivitas sehari-hari selepas liburan ya?

Kalau kamu mengalaminya, kamu sedang terkena sindrom post traveling depression. Hmm, bagaimana ya cara mengembalikan gairah beraktivitas lagi setelah liburan?

1. Carilah tantangan baru.

Saat liburan, tanpa disadari kita 'menantang' diri kita sendiri. Sesederhana mencoba makanan yang belum pernah dicicipi. Kamu butuh tantangan bukan cuma saat liburan, tapi setiap saat. Carilah pekerjaan, kursus atau kegiatan baru yang menantang, misalnya memasak resep yang unik atau tambah jarak lari pagimu.

2. Sempatkan waktu untuk dirimu sendiri.

Berlibur sama dengan artinya memanjakan diri. Nah, kenapa gak melanjutkannya setelah pulang liburan? Ambil waktu bersantai satu jam saja sepulang kerja untuk bermalas-malasan di sofa sambil membaca buku, atau ngopi-ngopi atau jalan sendirian menikmati sudut-sudut kota.

3. Bawa pengalaman hidup saat traveling ke kehidupan sehari-hari.

Bertahan dalam situasi sulit atau berjaga-jaga supaya gak ditipu, kamu pasti sudah mengalaminya saat traveling kemarin. Tanpa disadari, pengalaman ini memberimu kemampuan baru dalam hal menjaga diri dan mengatur relationship dengan orang baru lho. Kenapa gak mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari?

4. Sadarilah, betapa beruntungnya dirimu.

Gak semua orang punya kesempatan untuk traveling lho. Ada yang tak memiliki biaya untuk melakukannya, ada yang punya biaya tapi gak punya waktu. Bersyukurlah karena kamu bisa merasakan bosan, tapi bisa pula mengatasinya walau sejenak. How lucky you are!

5. Rencanakan liburan selanjutnya.

Gak ada yang lebih membahagiakan dan lebih bikin bersemangat daripada menyambut liburan yang selanjutnya. Rencanakan untuk liburan setelah ini. Gak perlu jauh-jauh kok. Sekedar ke kota tetangga buat wisata kuliner, why not?

6. Dokumentasikan travelogue-mu.

Ingatan bisa hilang, tapi tulisan akan selalu tetap terkenang. Saat liburan kemarin, pasti kamu banyak mendokumentasikan foto-foto atau video. Tulis ceritamu di blog atau rangkai videomu supaya saat kamu rindu, kamu bisa melihatnya dan memberikanmu semangat baru.

7. Kembali ke dunia nyata.

Walau begitu berbunga-bunga liburan yang kamu jalani kemarin, namun kamu harus menyadari satu hal: dunia nyata menunggumu kembali. Ada pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan, ada tagihan-tagihan yang harus dibayar. Inilah realitanya. Jadi, lawan rasa malas dan manjamu demi liburan selanjutnya ;)

Nah itu dia yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi post traveling depression. Punya tips kembali ke dunia nyata setelah liburan yang lainnya, Guys?

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan