UC News

Jangan Lupa Lakukan Ini Sebelum Berbuka Puasa

DokterSehat.Com– Meskipun sudah berkali-kali diingatkan oleh pakar kesehatan, dalam realitanya kita masih sering melupakan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan. Di bulan puasa seperti sekarang ini saja, kita kerap melupakan cuci tangan sebelum berbuka puasa karena sudah tidak sabar lagi mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa menghilangkan rasa lapar dan haus. Padahal, mencuci tangan sebelum berbuka puasa sangatlah krusial bagi kesehatan tubuh mengingat sistem pertahanan tubuh kita cenderung menurun akibat dari tidak mengkonsumsi makanan dan minuman apapun dalam sehari.

Jangan Lupa Lakukan Ini Sebelum Berbuka Puasa


Jika kita mengadakan acara berbuka puasa bersama di luar rumah misalnya, tangan kita tentu sudah terkena paparan polusi dan berbagai kotoran saat perjalanan menuju tempat makan, bersalaman dengan orang lain, atau menyentuh meja dan kursi tempat makan yang belum tentu benar-benar bersih. Padahal, bisa jadi hal-hal tersebut membawa berbagai kuman atau virus penyebab penyakit.

Sayangnya, menurut data kesehatan, hanya 5 persen orang yang benar-benar mencuci tangannya dengan baik sebelum makan dan 10 persen orang sama sekali tidak mencuci tangannya setelah menggunakan toilet umum. Selain itu, 33 persen orang lainnya hanya membasuh tangan dengan air tanpa menggunakan sabun. Padahal, tanpa adanya sabun, kuman dan bakteri tidak akan benar-benar mati dan bisa memasuki tubuh kita dengan mudah melalui makanan yang kita pegang atau saat kita menyentuh beberapa bagian tubuh layaknya mulut atau hidung.

Pakar kesehatan sendiri mengingatkan kita untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, khususnya sebelum berbuka puasa, setelah menaiki sarana transportasi umum, atau setelah menggunakan toilet. Dengan melakukannya secara rutin, kita bisa menurunkan resiko terkena penyakit layaknya diare hingga 70 persen lebih rendah. Melihat adanya fakta ini, segeralah mencuci tangan sesaat sebelum waktu berbuka puasa tiba agar kita bisa segera makan dan minum dengan tenang.

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan