UC News

Inilah Fakta Tentang Papua Yang Jarang Diketahui, No 3 Mengejutkan!

Papua adalah pulau paling timur di Indonesia yang sudah terkenal karena keindahan alamnya yang luar biasa. Tidak hanya alam, Papua juga kaya dengan tradisi dan budaya lokal yang unik. 

Inilah Fakta Tentang Papua Yang Jarang Diketahui, No 3 Mengejutkan!
Liputan6.com (Ilustrasi Msayarakat Papua)

Dilansir dari liputan6.com (12/01/19) Salah satu budaya lokal Papua yang sudah cukup terkenal adalah budaya tari-tarian yang sering ditampilkan di luar Papua. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa selain tari-tarian, masih banyak sekali tradisi dan budaya unik yang tersimpan di Papua, seperti budaya dan tradisi berikut yang pasti belum pernah kamu ketahui. Berikut fakta soal Papua yang jarang diketahui:

1. Berkunjung ke Papua rentan terkena Malaria

Pojoksatu.id (Ilustrasi Malaria)

Malaria merupakan penyakit endemik yang sangat ditakutkan oleh masyarakat baik yang berasal dari Papua maupun yang berasal dari luar Papua. Penyakit ini sangat ditakutkan karena dapat menyebabkan kematian dan belum ada obat penangkalnya selain pil kina.

2. Biaya hidup di Papua mahal

Lintaspapua.com (Ilustrasi)

Harga barang yang dijual di Papua lebih mahal daripada harga pasaran di Indonesia pada umumnya, maklum saja, semua kebutuhan hidup masih harus didatangkan dari Pulau Jawa atau kota besar lainnya dan tidak jarang untuk mencapai Papua, barang-barang tersebut diterbangkan menggunakan pesawat terbang. Tentu saja hal ini membuat biaya kirim menjadi sangat mahal yang memperngaruhi nilai jual akhir barang tersebut.

3. Didaerah Kota Koteka sudah jarang digunakan

Kumparan.com (Ilustrasi)

Mungkin bagi sebagian masyarakat asli Papua yang tinggal di pedalaman, memang masih menggunakan koteka. Tapi sebagian daerah di Papua sudah merupakan kota, maka cara berpakaian juga sudah menyesuaikan dengan keadaan kota seperti pada umumnya.

4. Papua dibagi menjadi 2 Provinsi

Kawattimur.com (Ilustrasi)

Papua merupakan Pulau besar yang dibagi menjadi 2 provinsi yaitu Papua Barat dengan ibukota Manokwari dan Papua dengan ibukota Jayapura, selain itu juga dibagi menjadi berbagai kabupaten dan kotamadya. Memang sebagian daerah Papua masih tertutup hutan, namun jika mendengar nama Jayapura, Sorong, Biak, Manokwari, Fak-Fak, Merauke, Wamena dan banyak lainnya percaya lah nama-nama tersebut sudah berbentuk kota.

Bagaimana menurut anda? Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Topic: #papua
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot