UC News

Ilmuwan Temukan Dunia Baru di Antartika, Ternyata Tidak Seindah yang Dibayangkan

Ilmuwan Temukan Dunia Baru di Antartika, Ternyata Tidak Seindah yang Dibayangkan
Referensi pihak ketiga

Terlepas dari kenyataan bahwa satelit yang mengorbit bumi telah membantu memetakan permukaan planet kita dengan sangat rinci, ada celah di sekitar area Kutub Selatan, yang tidak tercakup oleh satelit karena tidak terjangkau orbit satelit.

"Karena ada kesenjangan dalam data satelit di sekitar Kutub Selatan, tidak ada yang tahu persis apa yang ada di sana," kata Dr. Kate Winter, penulis utama studi ini dan selaku Wakil Rektor di Departemen Geografi dan Ilmu Lingkungan Universitas Northumbria. “Kami sekarang mengerti bahwa daerah pegunungan mencegah es dari Antartika Timur mengalir melalui Antartika Barat ke pantai.

Referensi pihak ketiga

Selain itu, kami juga menemukan tiga lembah subglacial di Antartika Barat yang mungkin penting di masa depan. Suatu saat, glasier ini akan mencair cukup cepat di mana es mengalir dari pusat Antartika ke tepiannya, yang mengarah ke peningkatan permukaan laut global.

Melalui misi tersebut menandai pertama kalinya para ilmuwan mampu memetakan tiga lembah subglacial yang luas di Antartika Barat. Lembah terbesar, yang dikenal sebagai Foundation Trough, memiliki panjang lebih dari 350 kilometer dan lebar 35 kilometer.

Referensi pihak ketiga

Kanal Patuxent memiliki panjang lebih dari 300 kilometer dan lebar lebih dari 15 kilometer, sementara Offset Rift Basin panjangnya 150 km dan lebarnya 30 km. Para ilmuwan memperingatkan bahwa jika perubahan iklim menyebabkan lapisan es berkurang, lembah-lembah ini dapat meningkatkan kecepatan aliran es dari pusat Antartika ke laut, sehingga menaikkan permukaan laut global.

Referensi :

Hidden World Under Antarctica Revealed: Scientists Find A World They've Never Imagined. (2019, February 8). Retrieved from alienstar.org/science/hidden-world-under-antarctica-revealed-scientists-find-a-world-theyve-never-imagined/

Topic: #es #orbit #bumi
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot