UC News

Hormati Muslim Rayakan Lebaran, Katedral Ubah Jadwal Misa

Hormati Muslim Rayakan Lebaran, Katedral Ubah Jadwal Misa

SURATKABAR.ID – Tahun ini, Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran jatuh pada hari Minggu. Hari itu bertepatan dengan jadwal misa Minggu Gereja Paroki Katedral, Jakarta.

Namun, untuk menghormati umat Islam merayakan hari besarnya, Gereja Katedral mengubah jadwal misa mereka. Pengumuman tersebut juga diunggah di akun Facebook Keuskupan Agung Jakarta (KAJ).

Sehubungan dengan Hari Raya Idul Fitri dan Sholat Ied, halaman Gereja Katedral dipakai untuk mendukung terlaksananya kegiatan saudara kita kaum muslim maka, jadwal misa Minggu, 25 Juni 2017 diubah menjadi : Pagi hari : Pkl.10.00 wib & 12.00 wib , Sore hari seperti biasa : Pkl. 17.00 wib & 19.00 wib,” ungkap pengurus Katedral, Senin (19/6/2017) dilansir cnnindonesia.com

Perubahan jadwal ini, menurut Juru Bucara Katedral Jakarta Susyana Suwadie, merupakan inisiatif Kepala Paroki Gereja katedral Romo Hani Rudi Hartoko dan Dewam Paroki Pengurus Harian Gereja Katedral.

Perubahan jadwal misa Minggu di Gereja Katedral bertujuan agar masyarakat Muslim yang akan melaksanakan salat Ied di Masjid Istiqlal dapat memarkirkan kendaraannya di parkiran Katedral.

“Halaman parkir gereja dapat digunakan untuk parkir bagi umat yang akan melakukan Salat Ied di Masjid Istiqlal,” terang Susyana.

Susyana melanjutkan, hari raya Idul Fitri kali ini memang agak khusus, karena jatuh pada hari Minggu dan bertepatan dengan misa.

“Kami memahami umat muslim hanya ada satu waktu serentak untuk salat Ied. Sedangkan misa bisa menyesuaikan diri karena ada beberapa kali dalam hari Minggu,” katanya.

Perubahan jadwal ini, bukan hanya untuk menghormati umat Islam yang merayakan Lebaran, tapi juga bentuk toleransi agama yang patut diacungi jempol.

“Bertetangga yang baik dan tulus sebagai sesama anak bangsa dan saling mendukung dalam bertetangga. Untuk saling menghormati dan ikut bergembira di hari yang Fitri,” tegasnya.

Setiap minggu, Katedral biasanya melaksanakan tujuh kali misa, yakni pada Sabtu pukul 18.00 WIB, sedangkan enam lainnya dilaksanakan pada hari Minggu mulai pukul 6 pagi hingga pukul 7 malam.

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan