UC News

Di Bulan Puasa Ini Sudahkah Kamu Mengamalkan 6 Kebaikan Ini?

Di Bulan Puasa Ini Sudahkah Kamu Mengamalkan 6 Kebaikan Ini?
goodnet.org

Di bulan puasa setiap orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Selain dengan cara menahan nafsu dari lapar dan haus, perbuatan baik juga bisa kamu lakukan jika mengamalkan 6 perbuatan #BaikItuNyata berikut ini:

1. Lebih sabar ketika berhadapan dengan hal yang biasanya membuatmu marah

Kalau biasanya kamu spontan mengucapkan kata-kata kasar saat terjebak macet atau melihat kendaraan lain menyalip seenaknya, tahun ini coba deh ubah kebiasaan tersebut. Ketika lagi di jalan dan hal ini terjadi, tarik nafas dan segera tenangkan pikiran. Jangan biarkan emosi membuatmu lepas kendali ya.

 2. Jadilah orang yang memiliki rasa toleransi lebih tinggi

Gak cuma mencoba jadi lebih sabar, bentuk tindakan #BaikItuNyata yang bisa kamu lakukan sekarang juga adalah meningkatkan rasa toleransi pada teman beda keyakinan. Misalnya sebelum sharing konten di sosial media yang menyangkut agama dan hal tersebut bisa memicu pertengkaran, lebih jangan lakukan. 

 3. Bersedekah meski dalam kondisi terbatas

Bersedekah itu gak harus menunggu kita punya uang lebih. Meski dalam kondisi terbatas kamu tetap bisa berbagi dengan orang yang membutuhkan. Jika biasanya kamu menghabiskan seluruh uang jajan untuk membeli makanan di kampus atau sekolah, sekarang alihkan uang tersebut untuk menyumbang panti asuhan terdekat dari rumahmu. Jumlahnya tentu tidak harus besar. Hal yang terpenting adalah kamu rela melakukannya.

4. Sudahkah kamu mengunjungi keluarga yang sudah lama tak ditemui?

Kesibukan kegiatan sehari-hari sering membuat kita lupa mengunjungi saudara atau kerabat terdekat. Padahal menjalin tali silahturahmi adalah salah satu bentuk amal kebaikan yang harus dilakukan. Untuk itu di momen puasa ini, coba ingat kembali siapa keluarga yang sudah lama tidak dikunjungi. Di akhir minggu, kamu dapat mendatangi rumah mereka dan menjalin kembali tali silahturahmi yang mungkin renggang karena kesibukan sehari-hari.

 5. Berbagi lewat hal-hal sederhana

 

Berbagi selalu diidentikan dengan perbuatan besar. Entah itu dengan menyumbang uang atau terlibat dalam aksi kemanusiaan skala besar. Padahal ada banyak tindakan #BaikItuNyata yang bisa kamu lakukan lewat hal sederhana misalnya memberi tempat duduk di dalam kendaraan umum atau memberi senyuman pada orang asing yang berpapasan dengan kita. 

6. Meminta maaf pada orangtua atas kesalahan yang telah dilakukan

Sungkem adalah kebiasaan turun menurun yang sudah lama ada di Indonesia. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, kebiasaan ini secara perlahan mulai memudar. Padahal kebiasan ini memiliki arti mendalam, salah satunya sungkem untuk meminta maaf pada orangtua. Nah di momen puasa tahun ini manfaatkan mulailah melakukan kebiasaan ini lagi. Datanglah pada orangtua dan minta pada mereka.

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan