UC News

Atasi Pilek dan Flu dengan 6 Makanan Ini

Atasi Pilek dan Flu dengan 6 Makanan Ini
Cara mengatasi Flu menggunakan madu (Foto: Get Healthy, GoodFon)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat pilek atau flu jangan langsung minum obat yang mengandung bahan kimia. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu. Dilansir dari Hello Sehat, berikut enam makanan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pilek atau flu.

Sup Ayam
Penelitian medis menyatakan bahwa sup ayam dapat menekan peradangan yang menyebabkan gejala pilek dan flu. Sup ayam juga dapat mencairkan lendir sehingga rasa mampet pada hidung, dada, dan tenggorokan akan berkurang. Penambahan mi dan sayur akan membuat sup ini semakin mujarab karena karbohidrat dapat meningkatkan energi, dan sayuran akan meningkatkan nutrisi pada sup, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Bawang Putih
Bawang adalah bahan makanan yang kaya akan antioksidan dan memiliki zat antivirus sehingga dapat mencegah pilek atau flu serta memperpendek durasi sakit. Senyawa minyak allicin (senyawa yang memberikan harum khas pada bawang putih) ampuh untuk melawan pilek dan flu. Anda cukup mengonsumsi satu atau dua siung bawang setiap harinya untuk mengatasi pilek dan flu.

Madu
Penelitian menyatakan bahwa madu dapat mengurangi batuk dengan melapisi tenggorokan dan menyembuhkan iritasi. Faktanya, madu lebih efektif melawan batuk dibandingkan dengan obat batuk. Madu Buckwheat telah terbukti memiliki kualitas dalam bidang medis. Tetapi jangan sembarangan memberikan madu pada anak-anak. Anak di bawah umur 12 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi madu karena berisiko terjangkit infant botulism.


Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya menurunkan risiko terkena pilek dan flu, minum teh hijau juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga sel dalam tubuh mereka dapat melawan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.

Buah Vitamin C
Beberapa studi menyatakan bahwa vitamin C dapat membantu pencegahan pilek dan flu. Studi telah menyatakan bahwa manfaat bagi kesehatan dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C sebanyak tiga cangkir atau lebih setiap harinya dapat berfungsi sebagai pembangun sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, penuhi menu Anda dengan makanan yang kaya akan vitamin C seperti stroberi, jeruk, tomat dan brokoli.


Daging tanpa lemak
Zat besi sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh. Konsumsi daging tanpa lemak adalah cara yang paling efisien untuk mempertahankan tingkat zat besi yang baik. Tidak hanya menyediakan zat besi yang mudah diserap oleh tubuh, daging tanpa lemak juga mengandung zinc, mineral lain yang baik untuk mencegah infeksi. Oleh karena itu, bila Anda mulai merasa ada gejala flu, makanlah sepotong daging merah tanpa lemak, daging unggas, ikan atau kerang dapat membantu Anda melawan kuman. (*)

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan