UC News

6 Film Inspiratif yang Bikin Kamu Jadi Lebih Menghargai Pendidikan

6 Film Inspiratif yang Bikin Kamu Jadi Lebih Menghargai Pendidikan
bwsuitebelitung.com

Seperti layaknya sebuah novel, film adalah sebuah media untuk menyampaikan suatu kisah tentang kehidupan. Melalui film orang bisa mengetahui dan belajar banyak hal. Seperti kisah-kisah yang tertuang dalam enam film inspiratif yang berkisah tentang perjuangan dalam dunia pendidikan berikut ini.

1. Taare Zameen Par.

imdb.com

Film asal tanah Hindustan ini berkisah tentang seorang anak bernama Ishaan yang menderita disleksia dan mengalami kesulitan dalam belajar. Ihsaan pun diasingkan oleh kedua orang tuanya yang tidak memahami dirinya dengan menyekolahkannya di sebuah sekolah asrama.

Hingga pada suatu ketika, Ihsaan bertemu dengan Pak Nikumbh, guru seni baru di sekolahnya. Berkat bantuan Pak Nikumbh kesulitan belajar Ihsaan pun teratasi, hingga akhirnya Ihsaan menjuarai sebuah perlombaan melukis di sekolahnya.

Melalui film ini orang tua akan belajar untuk selalu memahami anak-anaknya karena setiap anak itu memiliki cara belajarnya sendiri dan itulah yang membuat setiap anak spesial.

2. 3 Idiots.

imdb.com

Film Bollywood bergenre drama komedi ini menceritakan tentang persahabatan antara Rancho, Farhan dan Raju. Mereka bertiga adalah mahasiswa di sebuah kampus teknik ternama. Sistem pendidikan yang sangat ketat di kampus mereka membuat ketiga mahasiswa itu berjuang keras untuk mencapai gelar sarjana.

Tidak jarang mereka harus berurusan dengan pimpinan kampusnya Professor Virus. Hingga akhirnya Rancho dan Raju berhasil lulus dari kampus dan Farhan memilih untuk melanjutkan mimpinya untuk menjadi seorang fotografer internasional.

Setelah 10 tahun berlalu, teman-teman Rancho pun akhirnya tahu bahwa Rancho berkuliah dan mendapatkan gelar sarjana bukan atas namanya, melainkan untuk seorang putra dari keluarga yang telah berjasa bagi hidupnya. Meski begitu, dengan kemampuan yang telah diperoleh Rancho selama menempuh pendidikan, Ranhco pun menjadi seorang ilmuwan, pengusaha ternama dan guru yang mengajar di sebuah sekolah yang terletak di sebuah kampung.

Film ini mengajarkan kepada kita bahwa hal yang terpenting dari pendidikan ialah prosesnya. Proses yang baik akan mendatangkan hasil yang baik pula. 

3. Laskar Pelangi.

shrayaresidence.com

Film Indonesia berlatar tahun 1970-an ini berkisah tentang perjuangan 10 orang anak selama bersekolah di sebuah sekolah dasar swasta di pulau Belitung. Kesepuluh anak itu menamakan diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Laskar Pelangi bersekolah di sebuah sekolah yang sangat kecil, bangunannya pun hanya berdinding papan dan sudah reyot.

Hanya siswa yang tergolong tidak mampu saja yang bersekolah di sekolah itu. Meski belajar di sekolah yang kondisinya terbengkalai dan harus menempuh jarak yang jauh dari rumah mereka, ke sepuluh anak itu tetap semangat untuk bersekolah. Dengan semangat belajar yang tinggi dan solidaritas, anak-anak Laskar Pelangi itu pun berhasil mengharumkan nama sekolah mereka dan membuat sekolah mereka yang sebelumnya dipandang sebelah mata menjadi dikenal banyak orang.

Peran pendidikan bagi kehidupan disampaikan dengan jelas dalam film ini. Dengan pendidikan orang dapat meraih kesuksesan dalam hidup.

4. Mengejar Embun ke Eropa.

quipper.com

Film asal tanah air yang bergenre drama ini menceritakan tentang kisah seorang pejuang pendidikan bernama Puro yang berasal dari Pulau Muna, Sulawesi Tenggara. Puro melewati masa kecilnya dengan hidup yang serba sederhana. Setelah menikah, nasib pun mengantarkan Puro untuk melanjutkan sekolah ke Eropa.

Sepulang dari Eropa Puro bekerja sebagai dosen di salah satu kampus di kota Kendari. Perjuangannya sebagai seorang tokoh pendidik di kampus itu penuh rintangan. Namun dengan kesungguhan dan dedikasi yang tinggi, pada akhirnya Puro berhasil mengubah kampus itu menjadi lebih baik.

Film ini mengajarkan kepada kita agar tidak mudah menyerah pada keadaan. Kesungguhan dalam belajar tidak hanya akan membawa pengaruh positif bagi diri sendiri, namun juga akan membawa pengaruh positif bagi orang lain.

5. Suara dari Pesisir.

sultraline.id

Film lokal asal Sulawesi Tenggara ini berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Bajo yang tinggal dan bersekolah di sebuah Sekolah Menengah Pertama di Pulau Labengki, sebuah pulau kecil yang terletak di Kabupaten Konawe Utara. Kondisi ekonomi yang sulit membuat ayah Bajo tidak senang jika Bajo tetap meneruskan sekolah di bangku SMA.

Ayah Bajo hanya ingin Bajo mengikuti jejaknya sebagai seorang nelayan untuk menghasilkan uang. Namun, Bajo tidak berputus asa. Bersama seorang gurunya, Bajo pun berhasil meyakinkan ayahnya bahwa sekolah bukanlah hal yang sia-sia.

Bajo pun membantu ayahnya melaut dan menabung uang selama setahun untuk melanjutkan sekolah tingkat SMA di kota. Keinginan Bajo untuk melanjutkan sekolahnya pun terwujud. Hingga akhirnya, Bajo berhasil menjadi seorang guru dan kembali mengabdi untuk mengajar di kampungnya. Film ini menyampaikan suatu pesan bahwa keterbatasan ekonomi bukanlah alasan untuk putus sekolah. Ingatlah, bahwa dimana ada kemauan di situ pasti ada jalan!

6. Jembatan Pensil.

urbannewsid.com

Film Indonesia yang baru saja rilis di bulan September 2017 ini mengisahkan tentang perjuangan 5 orang anak pulau Muna yang bersekolah di sebuah sekolah dasar gratis yang didirikan oleh guru mereka. Meski untuk bersekolah kelima anak itu harus menempuh perjalanan panjang yang berliku serta harus melewati sebuah jembatan rapuh setiap hari, semangat mereka untuk tetap bersekolah tidak pernah surut.

Film ini memberikan gambaran bahwa masih banyak orang di luar sana yang hidup serba kekurangan namun tekad mereka untuk bersekolah tidak pernah padam meski mereka harus bersusah payah menjalaninya.

Keenam film itu menunjukkan bahwa betapa pentingnya pendidikan bagi hidup ini. Dengan pendidikan seseorang bisa mendapatkan hidup yang lebih baik. So, keep learning dan jangan pernah putus sekolah yah!

READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan