UC News

4 Kekurangan Yamaha R15 Dibanding Kompetitor

Di antara Suzuki GSX-R150, Honda CBR150R dan Yamaha R15, nama yang terakhir disebut memang meluncur belakangan. Itulah yang membuat Yamaha punya waktu untuk memproduksi motornya sebaik mungkin. Sekaligus bisa belajar dari kekurangan para kompetitornya.


Alhasil, berbagai kelebihan berhasil dibukukan. Sebut saja dari sektor mesin. Secara statistik, R15 memiliki performa paling baik. Fiturnya juga berlimpah: suspensi depan USD, transmisi assist & slipper clutch dan lain-lain. Walau begitu, bukan berarti R15 merupakan kuda besi yang sempurna. Tetap saja motor berkapasitas 150 cc ini punya kekurangan. Apa sajakah itu? Simak bahasan berikut:



1. Harganya Tinggi


4 Kekurangan Yamaha R15 Dibanding Kompetitor

Di kelasnya, Yamaha R15 dipatok dengan harga yang paling tinggi mencapai Rp 34,5 juta (OTR Jakarta). Mungkin inilah konsekuensi dari berbagai kelebihan yang diberi pabrikan garputala pada motornya. Bandingkan dengan Honda CBR150R yang dibanderol Rp 32,975 juta - 33,875 juta (OTR Jakarta). Apalagi disandingkan Suzuki GSX-R150 yang punya harga Rp 27,9 juta (OTR Jakarta), bedanya mencapai lebih dari Rp 6 juta.



2. Bobot Terberat & Jok Paling Tinggi



Bila ditilik spesifikasinya secara detail, kembaran Vixion R ini punya bobot 137 kg. Dibanding Honda CBR150R, motor Yamaha lebih berat dua kilogram. Perbedaan beratnya dengan Suzuki GSX-R150 mencapai enam kilogram. Kemudian posisi joknya juga paling tinggi ketimbang kompetitor, 815 mm. Dengan tinggi jok seperti itu, Anda yang mempunyai tinggi badan 168 cm, bila kaki ingin menapak ke tanah, haruslah jinjit. Tentu ini mengurangi kenyamanan berkendara.


Penambahan bobot dan tinggi jok, dikarenakan R15 memiliki desain tubuh bongsor. Penggunaan bannya juga yang paling lebar, ukuran depan 100/80-17 dan belakang 140/70-17. Selain itu, pivot lengan ayunnya ditinggikan dari model sebelumnya. Menurut Yamaha, hal ini sengaja dilakukan agar keseimbangan yang lebih baik bisa tercipta saat menungganginya dan handling diklaim lebih baik.



3. Tanpa Keyless Ignition System


Fitur Keyless Ignition Sudah Ada Pada Suzuki GSX-R150

Meski bertabur banyak fitur, tapi Yamaha R15 tidak punya yang satu ini, keyless ignition system. Fungsinya untuk mengaktifkan motor tanpa anak kunci (digantikan remote). Jadi pemiliknya cukup mengantongi remote saja, kemudian tekan dan putar tuas on/off yang ada di dekat stang, maka mesin otomatis aktif. Sampai sekarang di kelas motor sport 150 cc, fitur canggih itu hanya dipunyai Suzuki GSX-R150.



4. Pilihan Warna Terbatas


Entah apa alasan Yamaha untuk membuat pilihan warna R15 hanya ada tiga saja: matte black, matte red dan racing blue. Padahal saingan-saingannya memiliki opsi kelir yang lebih banyak. Sebut saja Honda CBR150R dengan empat warna: slick black white, victory red black, racing red dan MotoGP edition. Suzuki GSX-R150 lebih banyak lagi pilihannya: titan black, stronger red, mettalic triton blue, brilliant white dan solid black.


READ SOURCE
UC News
Cerdas dan Terdepan